Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ANALISIS PENGEMBANGAN MATERI QUR’AN HADITSMADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KELAS 1, 2 DAN 3

 

ANALISIS PENGEMBANGAN MATERI QUR’AN HADITSMADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KELAS 1, 2 DAN 3

Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam

Dosen Pengampu: Dr. H. Muh. Wasith Achadi, S.Ag., M.Ag.

 

 

Oleh

Niswa Nadia Ummami(19204010084)

PAI KELAS D

 

MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA

YOGYAKARTA

2020


PENDAHULUAN

Di dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3, diuangkapkan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Tang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.[1]Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu alternatif yang menjadi proses untuk mencapai terwujudnya sistem pendidikan nasional dalam membentuk peserta didik menjadi insan yang beriman, berakhlak mulia, serta bertakwa Tuhan Yang Maha Esa.

Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu: Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi dan melengkapi. Al-Qur'an-hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti ia merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut.

Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah yang terdiri atas empat mata pelajaran tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur’an-hadis, menekankan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan sehari-hari.Materi Akidah Akhlak terfokus pada pembahasan penanaman keimanan dan akidah yang benar serta sifat-sifat terpuji yang garus dimiliki oleh anak didik.Fikih membahas praktik ibadah sehari-hari dan sejarah membahas tentang perjalanan umat Islam dari masa kemasa dari segi politik, budaya dan peradaban (Permenag No.2/2008).

Mata pelajaran Al-Qur'an-Hadis di Madrasah Ibtidaiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis al-Qur'an dan hadis dengan benar, serta hapalan terhadap surat-surat pendek dalam al-Qur'an, pengenalan arti atau makna secara sederhana dari surat-surat pendek tersebut dan hadis-hadis tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari melalui keteladanan dan pembiasaan.

Di dalam membentuk insan yang beriman dan berakhlak  mulia pendidikan agama islam memiliki peran yang sangat penting untuk menjadi pondasi dasar pembentukan karakterpositif peserta didik. Hal ini sejalan dengan pengajaran dalam prinsop-prinsip yang harus dilakukan dalam mengembangkan materi pembelajaran pendidikan agama islam sebagaimana yang diungkapkan oleh Ghafur yaitu, kesesuaian (relevansi), keajegan (konsistensi), dan kecukupan (adequacy).[2]

1.    Prinsip Relevansi, yaitu materi pembelajaran hendaknya sesuai denganstandar kompetensi dan kompetensi dasar yang ditetapkan. Karena,standar kompetensi dan kompetensi dasar merupakan bentukpenyederhanaan dari tujuan pembelajaran. Jadi, ketika materi tersebut sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar, maka samaartinya materi itu telah sesuai dengan tujuan pembelajaran yangdiharapkan.

2.    Perinsip Konsistensi. Yaitu keajegan hasil. Artinya, materipembelajaran yang diberikan pada waktu tertentu harus dapat dibuktikan kebenarannya. Lebih pada pelaksanaan pembelajaran, materipembelajaran harus sebanding dengan banyaknya kompetensi dasaryang ditetapkan.

3.    Prinsip Adequacy, yaitu kecukupan. Materi pembelajaran harus dapat memenuhi kebutuhan para peserta didik, agar mereka terbekali untuk mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ditetapkan. Kemudian, untuk mempermudah mereka dalam menguasai materi, maka kapasitasnya harus diperhatikan. Materi pembelajaran hendaknya tidak terlalu banyak, dan tidak pula terlalu sedikit.

Dari prinsip-prinsip diatas, maka dalam hal pengembangan materi tersebut penulis akan memaparkan analisis Pengembangan Materi Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah (MI) untuk kelas 1, 2 dan 3yang ditinjau dari segi relevansi, konsistensi dan adequacy, dengan standar acuan KMA No 183 tahun 2019.

 


Analisis Materi Qur’an Hadits MI Kelas 1

Kompetensi Inti

KI.1 Menerima dan menjalankan ajaranagama yang dianutnya.

KI.2  Memiliki perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli, danpercaya diri dalam berinteraksi dengankeluarga, teman, dan guru.

KI.3 Memahami pengetahuan faktual dengancara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanyaberdasarkan rasa ingin tahu tentangdirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yangdijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI.4 Menyajikan pengetahuan faktual dalambahasa yang jelas dan logis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakanyang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan yang mencerminkanperilaku anak beriman danberakhlak mulia.

No

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Kompetensi Dasar

Relevansi

Konsistensi

Adequacy

Keterangan

1

 

 

 

Huruf Hijaiyah 1

 

 

2x35 menit

 

 

 

3.1 Mengetahui huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah).

X

 

 

 

X

 

 

 

 

 

Tidak relevan dan tidak konsisten, karena dalam pokok bahasan hanya terdapat KD 3.1 dan 4.1. sedangkan, dalam KMA baik KI maupun KD tertulis secara lengkap.

 

4.1 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj dan tanda bacanya (fathah, kasrah

dan dhammah).

2

Surat Al-Fatihah

2x35 menit

 

1.2.1Menerima Q.S. al-Fatihah (1) , sebagai firman Allah Swt.

1.2.2 Menerima Q.S. al-Fatihah (1) , sebagai firman Allah Swt.

1.2.3 Meyakini bahwa mempelajari Al-Qur'an adalah ibadah.

Relevan, Konsisten, dan Adequcy antara materi pokok dengan KI, KD, dan KMA.

 

 

2.2 Memiliki perilaku mencintai Al-Qur'an dalam kehidupan.

 

 

 

 

 

3.2 Mengenal ayat Q.S. al-Fatihah (1)

 

 

 

 

 

4.2.1 Melafalkan Q.S. al-Fatihah (1), secara benar dan fasih.

4.2.2 Menghafalkan Q.S. al-Fatihah (1), secara benar.

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

Surat An-Naas

 

 

 

 

 

 

2x35 menit

1.2.1 Menerima an-Naas (114) sebagai firman Allah Swt.

1.2.2 Membiasakan melafalkan an-Naas (114) sehari-hari.

1.2.3 Meyakini bahwa mempelajari Al-Qur'an adalah ibadah.

Relevan, Konsisten, dan Adequcy antara materi pokok dengan KI, KD, dan KMA

 

 

 

 

 

 

2.2 Memiliki perilaku mencintai Al-Qur'an dalam kehidupan.

 

 

 

 

 

3.2 Mengenal ayat an-Naas (114)

 

 

 

 

 

4.2.1 Melafalkan an-Naas (114) secara benar dan fasih.

4.2.2 Menghafalkan an-Naas (114) secara benar.

 

 

 

4

 

 

 

Surat Al-Falaq

2x35 menit

 

 

 

1.2.1 Menerima al-Falaq (113) sebagai firman Allah Swt.

1.2.2  Membiasakan melafalkan al-Falaq (113) sehari-hari.

1.2.3 Meyakini bahwa mempelajari Al-Qur'an adalah ibadah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Relevan, Konsisten, dan Adequcy antara materi pokok dengan KI, KD, dan KMA

2.2 Memiliki perilaku mencintai Al-Qur'an dalam kehidupan.

3.2 Mengenal ayat al-Falaq(113)

4.2.1 Melafalkan al-Falaq (113) secara benar dan fasih.

4.2.2 Menghafalkan al-Falaq(113) secara benar.

5

 

 

 

 

 

Surat Al-Ikhlas

 

 

 

2x35 menit

 

 

 

 

 

 

1.2.1 Menerima al-Ikhlas sebagai firman Allah Swt.

1.2.2 Membiasakan melafalkan al-Ikhlas (112) sehari-hari.

1.2.3 Meyakini bahwa mempelajari Al-Qur'an adalah ibadah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Relevan, Konsisten, dan Adequcy antara materi pokok dengan KI, KD, dan KMA

2.2 Memiliki perilaku mencintai Al-Qur'an dalam kehidupan.

3.2 Mengenal ayat al-Ikhlas (112)

4.2.1 Melafalkan al-Ikhlas secara benar dan fasih.

4.2.1 Menghafalkan al-Ikhlas (112) secara benar.

6

 

 

Huruf Hijaiyah 2

 

2x35 menit

 

 

 

3.3 Mengetahui huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya (fathahtain, kasrahtain dan

dhammahtain).

X

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

Tidak relevan dan tidak konsisten, karena dalam pokok bahasan hanya terdapat KD 3.3 dan 4.3 sedangkan, dalam KMA baik KI maupun KD tertulis secara lengkap.

Namun, alangkah baiknya materi ini disusun setelah materi hijaiyah 1 agar sistematis, karena dalam buku pegangan guru, setelah materi hijaiyah 1 materi al-fatihah, dan materi tersebut bukan lanjutan dari materi hijaiyah 1.

 

 

 

4.3 Membaca huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj dan tanda bacanya (fathahtain,kasrahtain dan dhammahtain).                  

  7

 

 

 

Surat Al-Lahab

 

 

2x35 menit

 

 

 

 

1.2.1 Menerima Q.S. al-Lahab (111) sebagai firman Allah Swt.

1.2.2 Membiasakan melafalkan al-Lahab (111) sehari-hari.

1.2.3 Meyakini bahwa mempelajari Al-Qur'an adalah ibadah.

 

 

 

 

 

 

 

Relevan, Konsisten, dan Adequcy antara materi pokok dengan KI, KD, dan KMA

 

2.2 Memiliki perilaku mencintai Al-Qur'an dalam kehidupan.

3.2 Mengenal ayat al-Lahab (111).

 

4.2.1 Melafalkan al-Lahab (111) secara benar dan fasih.

4.2.2 Menghafalkan al-Lahab (111) secara benar.

 

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Surat An- Nasr

 

 

 

 

 

 

2x35 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

1.4.1 Menerima Q.S. an-Nasr (110) sebagai firman Allah Swt.

1.4.2 Membiasakan melafalkan Q.S. an-Nasr (110) sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Relevan, Konsisten, dan Adequcy antara materi pokok dengan KI, KD, dan KMA

 

 

 

 

 

 

 

 

2.4 Memiliki perilaku mencintai Al-Qur'an-Hadis.

3.4 Mengenal Q.S. an-Nasr (110).

4.4.1 Melafalkan Q.S. an-Nasr (110) secara benar dan fasih.

4.4.2 Menghafalkan Q.S. an-Nasr (110) secara benar.

9

Surat Al-Quraisy

2x35 menit

 

1.4.1 Menerima Q.S. an-Nasr (110) sebagai firman Allah Swt.

1.4.2 Membiasakan melafalkan Q.S. an-Nasr (110) sehari-hari.

Relevan, Konsisten, dan Adequcy antara materi pokok dengan KI, KD, dan KMA

 

2.4 Memiliki perilaku mencintai Al-Qur'an-Hadis.

3.4 Mengenal Q.S. an-Nasr (110).

4.4.1 Melafalkan Q.S. an-Nasr (110) secara benar dan fasih.

4.4.2 Menghafalkan Q.S. an-Nasr (110) secara benar.

10

 

 

 

 

Hadits Tentang Kebersihan

 

 

 

 

 

 

 

 

1.5 Meyakini bahwa Allah mencintai orang-orang yang menjaga kebersihan.

 

 

 

 

 

 

 

Relevan, Konsisten, dan Adequcy antara materi pokok dengan KI, KD, dan KMA

 

 

 

2.5.1 Memiliki perilaku mencintai Al-Qur'an-Hadis.

2.5.2 Terbiasa berperilaku bersih dalam kehidupan sehari-hari.

3.5.1 Mengetahui arti hadis tentang kebersihan secara sederhana riwayat Muslim...

Athhohuru syatrul iman

3.5.2 Memahami isi kandungan hadis tentang kebersihan secara sederhana riwayatMuslim….

4.5 Menghafalkan hadis tentang kebersihan riwayat Muslim….

                                                                                                                                                                        

KESIMPULAN

1.       Secara keseluruhan materi pokok yang terdapat pada buku pegangan guru sudah sesuai dengan KMA dan adequecy.

2.       Terdapat beberapa KD yang disebutkan mengandung beberapa pokok materi yangmana dalam buku pegangan guru dibagi secara terpisah sehingga memakan waktu. Namun sisi positifnya pembahasan setiap bab menjadi lebih fokus untuk satu materi pokok.

3.       Terdapat 3 materi pokok ( surat al-kafirun, surat al-kautsar, surat al-ma’un) yang tercantum dalam KMA, namun tidak terdapat pada buku pegangan guru.

4.       Zajzajaxax

5.       4.mkcdcmkcmcmcmcmcmcmc


Analisis Materi Qur’an Hadits MI Kelas 2

Kompetensi Inti

KI.1 Menerima dan menjalankan ajaranagama yang dianutnya.

KI.2  Memiliki perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli, danpercaya diri dalam berinteraksi dengankeluarga, teman, dan guru.

KI.3 Memahami pengetahuan faktual dengancara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanyaberdasarkan rasa ingin tahu tentangdirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yangdijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI.4 Menyajikan pengetahuan faktual dalambahasa yang jelas dan logis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakanyang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan yang mencerminkanperilaku anak beriman danberakhlak mulia.

No

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Kompetensi Dasar

Relevansi

Konsistensi

Adequacy

Keterangan

1

 

 

 

 

 

 

Aku Dapat Menulis Huruf-Huruf Hijaiyah Terpisah

 

 

 

 

2x35 menit

 

 

 

 

 

 

3.1 Mengetahui penulisan huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dan bersam

Bung

X

 

 

 

 

 

X

 

 

Tidak relevan dan tidak konsisten, karena dalam pokok bahasan hanya terdapat KD 3.1 dan 4.1. sedangkan, dalam KMA baik KD maupun KD tertulis secara lengkap.

 

4.1 Menulis huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung

 

 

2

Aku Bisa Menulis Huruf-Huruf Hijaiyah Sambung

2x35 menit

3.1 Mengetahui penulisan huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dan bersam

Bung

X

 

X

 

Tidak relevan dan tidak konsisten, karena dalam pokok bahasan hanya terdapat KD 3.1 dan 4.1. sedangkan, dalam KMA baik KI maupun KD tertulis secara lengkap.

 

4.1 Menulis huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung

 

 

3

Aku Dapat Membaca Bacaan Ghunnah

2x35 menit

3.2 Memahami hukum bacaan ghunnah

X

X

Tidak relevan dan tidak konsisten, karena dalam pokok bahasan hanya terdapat KD 3.2 dan 4.2, sedangkan dalam KMA baik KI maupun KD  tertulis secara lengkap.

 

4.2 Menerapkan hukum bacaan ghunnah

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

Aku Senang Belajar Alqur’an

 

 

 

 

 

2x35 menit

 

 

 

 

 

 

1.4 Meyakini bahwa mempelajari al-Qur'an dan Hadis adalah ibadah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Relevan, Konsisten, dan Adequcy antara materi pokok dengan KI, KD, dan KMA.

 

 

 

 

2.4.1 Memiliki perilaku senang mempelajari al-Qur'an hadis

2.4.2 Membiasakan membaca al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari

2.4.3 Bersedia mengajarkan al-Qur'an kepada orang lain

3.4 Mengetahui arti Hadis tentang keutamaan belajar al-Qur'an riwayat

Bukhari dari Utsman bin Affan

(خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ)

4.4 Memahami isi kandungan Hadis tentang keutamaan belajar al-

Quran riwayat Bukhari dari Utsman bin Affan

(خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ)

5

Aku Hafal Surat Al-Kautsar

2x35 menit

1.4.1 Menerima QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109) sebagai firman Allah Swt.

1.4.2 Terbiasa membaca QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109) sehari-hari.

X

X

X

Tidak Relevan, Tidak Konsisten dan Tidak Adequecy.

Tidak relevan dan konsisten,karena di dalam buku pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.), sedangkan dalam KMA tercantum KI dan KD secara lengkap.

Selain itu,materi tersebut dalam KMA seharusnya disampaikan pada materi kelas 1, namun kenyataannya terdapat pada materi kelas 2. Hal tersebut menyebabkan tidak adequency karena akan memakan waktu yang cukup banyak, sehingga materi kelas 2 yang seharusnya wajib disampaikan, menjadi tidak tersampaikan dengan tuntas.

 

 

 

 

3.4Mengenal QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109)

 

 

 

 

 

 

4.4 Melafalkan QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109) secara benar dan fasih

 

 

 

 

6

 

 

 

Aku Hafal Surat Al-Kafirun

2x35 menit

 

 

 

1.4.1 Menerima QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109) sebagai firman Allah Swt.

1.4.2 Terbiasa membaca QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109) sehari-hari

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

Tidak Relevan, Tidak Konsisten dan Tidak Adequecy.

Karenadalam buku pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.)  yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD secara lengkap.

Materi tersebut seharusnya disampaikan pada materi kelas 1, namun kenyataannya terdapat pada materi kelas 2. Hal tersbut akan memakan waktu yang cukup banyak, sehingga materi kelas 2 yang seharusnya wajib disampaikan, menjadi tidak tersampaikan dengan tuntas.

 

3.4Mengenal QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109)

4.4 Melafalkan QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109) secara benar dan fasih

 

 

7

Aku Bisa Membaca Bacaan Al-Qamariyah dan Al-Syamsiyah

2x35 menit

3.6 Memahami hukum bacaan al-Qamariyah dan al-Syamsiyah

X

X

Tidak relevan dan tidak konsisten, karena dalam pokok bahasan hanya terdapat KD 3.6 dan 4.6, sedangkan dalam KMA baik KI maupun KD tertulis secara lengkap.

 

 

 

4.6 Menerapkan hukum bacaan al-Qamariyah dan al-Syamsiyah

 

 

 

8

Aku Hormat Kepada Orangtua

2x35 menit

1.7 Meyakini bahwa keRidhaan Allah tergantung pada ke-Ridhaan kedua

orang tua

Relevan, Konsisten, dan Adequcy antara materi pokok dengan KI, KD, dan KMA.

 

 

2.7 Terbiasa berperilaku hormat kepada orang tua sebagai implementasi dari

pemahaman Hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmidzi

dari Abdullah bin Umar

 . . . رِضَا اللهِ فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ

 

 

 

 

 

 

3.7.1 Menerjemahkan Hadis tentang kepada orang tua riwayat Tirmizi dari

Abdullah bin Umar

 . . . رِضَا اللهِ فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ

3.2 Memahami isi kandungan Hadis tentang hormat kepada orang tua

riwayat Tirmizi dari Abdullah bin Umar . . . رِضَا اللهِ فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ

 

 

 

 

 

 

4.7 Menghafalkan Hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmizi

dari Abdullah bin Umar

 . . . رِضَا اللهِ فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ

 

 

 

 

9

 

 

 

 

 

Aku Hafal Surat Al-Maun

 

 

 

2x35 menit

 

 

 

 

 

1.3.1 Menerima QS. al-Ma’un (107),al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97)

sebagai firman Allah Swt..

1.3.2 Membiasakan melafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan

al-Qadr (97) sehari-hari

X

 

 

X

 

 

 

X

 

 

 

Tidak Relevan, Konsisten, dan Adequcy ,karena dalam buku pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.)  yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD secara lengkap.

Antara materi pokok, KD dan KMA, karena  dalam KMA materi pokok yang disampaikan pada kelas 2 hanya surat al ‘asr dan al fil, namun pada kenyataannya ada materi kelas 1 dan kelas 6 dalam KD tersebut, sehingga ini akan memakan waktu yang cukup banyak dari waktu yang seharusnya.

Materi ini merupakan materi yang seharusnya menjadi materi pokok kelas 1.

 

3.3 Mengenal QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97)

4.3.1 Melafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97)

secara benar dan fasih

4.3.2 Menghafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr(103), dan al-Qadr

(97) secara benar

 

10

Aku Hafal Surat Al-Fil

2x35 menit

1.3.1 Menerima QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97)sebagai firman Allah Swt.

1.3.2 Terbiasa membaca QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr(97) sehari-hari.

Relevan, Konsisten, dan Adequcy antara materi pokok dengan KI, KD, dan KMA.

 

 

 

 

2.3 Memiliki perilaku mencintai al-Qur'an Hadis

 

 

 

 

 

 

3.3 Menghafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr(97) secara benar.

 

 

 

 

 

 

4.3 Menerima QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) sebagai firman Allah Swt..

 

 

 

 

11

 

 

 

 

Aku Hafal Surat Al-‘Ashr

 

2x35 menit

 

 

 

 

1.5.1 Menerima QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) sebagai firman Allah Swt..

1.5.2 Terbiasa membaca QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) sehari-hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

Tidak Adequacy, karena pokok bahasan dalam KD terlalu banyak dan tidak sebanding dengan jumlah waktu yang ada

 

 

 

2.5 Memiliki perilaku mencintai al-Qur'an Hadis

3.5 Menghafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) secara benar.

4.5 Menerima QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) sebagai firman Allah Swt..

12

Surat Hafal Al-Qadr

 

1.3.1 Menerima QS. al-Ma’un (107),al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97)sebagai firman Allah Swt..

1.3.2 Membiasakan melafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), danal-Qadr (97) sehari-hari

3.3 Mengenal QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97)

4.3.1 Melafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) secara benar dan fasih

4.3.2 Menghafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr(103), dan al-Qadr(97) secara benar

X

 

X

 

X

 

Tidak Relevan, Konsisten, dan Adequcy ,karena dalam buku pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.)  yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD secara lengkap.

Antara materi pokok, KD dan KMA, karena  dalam KMA materi pokok yang disampaikan pada kelas 2 hanya surat al ‘asr dan al fil, namun pada kenyataannya ada

materi kelas 1 dan kelas 6 dalam KD tersebut, sehingga ini akan memakan waktu yang cukup banyak dari waktu yang seharusnya. Materi ini merupakan materi yang seharusnya menjadi materi pokok kelas 6, yangmana seharusnya sudah dalam tahap memahami arti da nisi kandungan surat tersebut.

.

 

KESIMPULAN

1.       Secara keseluruhan untuk materi pokok yang terdapat pada buku pegangan guru sudah sesuai dengan KD yang disebutkan.

2.       Terdapat beberapa KD yang disebutkan mengandung beberapa pokok materi yangmana dalam buku pegangan guru dibagi secara terpisah sehingga memakan waktu. Namun sisi positifnya pembahasan setiap bab menjadi lebih focus untuk satu materi pokok.

3.       Terdapat 3 materi pokok ( surat al-kautsar, surat kafirun, dan surat al-ma’un) didalam buku pegangan guru, yangmana di dalam KMA merupakan materi pokok untuk kelas 2.

4.       Terdapat  materi pokok ( surat al-qadr) didalam buku pegangan guru, yangmana di dalam KMA merupakan materi pokok untuk kelas 6.


 

Analisis Materi QUR’AN HADITS MI KELAS 3

Kompetensi Inti

KI.1 Menerima dan menjalankan ajaranagama yang dianutnya.

KI.2  Memiliki perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli, danpercaya diri dalam berinteraksi dengankeluarga, teman, dan guru.

KI.3 Memahami pengetahuan faktual dengancara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan menanyaberdasarkan rasa ingin tahu tentangdirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya, dan benda-benda yangdijumpainya di rumah dan di sekolah.

KI.4 Menyajikan pengetahuan faktual dalambahasa yang jelas dan logis, dalamkarya yang estetis, dalam gerakanyang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan yang mencerminkanperilaku anak beriman danberakhlak mulia..

No

Materi Pokok

Alokasi Waktu

Kompetensi Dasar

Relevansi

Konsistensi

Adequacy

Keterangan

1

Mari Belajar Hadits Sholat Berjamaah

2x35 menit

1.3 Meyakini bahwa salat berjamaah lebih utama daripada salat sendirian

 

 

 

 

Relevan, Konsisten, dan Adequcy antara materi pokok dengan KI, KD, dan KMA.

 

 

 

 

2.3 Mengetahui arti hadits tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Tirmizi,Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar

صلاة الجماعة افضل

3.3 Memahami isi kandungan hadits tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim,Turmuzi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar

صلاة الجماعة افضل

4.3 Menghafalkan hadits tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Tirmizi,Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar

صلاة الجماعة افضل

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mari Belajar QS. Al-Humazah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2x35 menit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.3.1 Menerima QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) sebagai

firman Allah SWT.

1.3.2 Membisakan membaca QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah

(99) sehari-hari

4.3.1 Membaca QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) secara

benar dan fasih

4.3.2 Menghafalkan QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99)

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak relevan, konsisten dan adequecy.

Di dalam buku pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.) dan KI 3 (KD 3.)  yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD secara lengkap.

 

Materi pokok dan KD pada buku pegangan guru tidak sesuai dengan KMA. Karena, materi yang terdapat pada KD tersebut dalam KMA termasuk pada pokok bahasan kelas 2 dan 4. Hal tersebut menjadikan yang seharusnya menjadi materi wajib kelas 3 tidak tersampaikan dengan tuntas.

Seharusnya materi tersebut dalam KMA dijelaskan terpisah, namun kenyataan dalam pegangan guru disatukan seolah-olah menjadi satu materi.

Materi ini merupakan materi yang seharusnya menjadi materi pokok kelas 2.

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

Mari Belajar QS. At-Takasur

 

 

 

 

2x35 menit

 

 

 

 

 

 

1.1 Menerima QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) sebagai firman Allah SWT.

1.2 Membisakan membaca QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) sehari-hari.

1.3 Meyakini bahwa salat berjamaah lebih utama daripada salat sendirian

X

 

 

 

X

 

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

Tidak relevan, konsisten dan adequecy.

Di dalam buku pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.) dan KI 3 (KD 3.)  yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD secara lengkap.  Selain itu, pada KD 1.3.3 bukannya membahas mengenai surat at-takatsur tetapi tentang sholat berjamaah yang merupakan materi pokok kelas 3 pada bab 1.

Materi pokok dan KD pada buku pegangan guru tidak sesuai dengan KMA. Karena, materi yang terdapat pada KD tersebut dalam KMA termasuk pada pokok bahasan kelas 2 dan 4. Hal tersebut menjadikan yang seharusnya menjadi materi wajib kelas 3 tidak tersampaikan dengan tuntas.

Seharusnya materi tersebut dalam KMA dijelaskan terpisah, namun kenyataan dalam pegangan guru disatukan seolah-olah menjadi satu materi.

Materi ini merupakan materi yang seharusnya menjadi materi pokok kelas 2.

 

 

 

4.1 Membaca QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) secara benar dan fasih

4.2 Menghafalkan QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99)

 

 

4

Belajar QS. Al-Zalzalah

2x35 menit

1.6.1 Menerima QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) sebagai firman Allah SWT.

1.6.2 Membisakan membaca QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) sehari-hari.

X

X

X

Tidak relevan, konsisten dan adequecy.

Di dalam buku pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.) dan KI 3 (KD 3.)  yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD secara lengkap.

 

Materi pokok dan KD pada buku pegangan guru tidak sesuai dengan KMA. Karena, materi yang terdapat pada KD tersebut dalam KMA termasuk pada pokok bahasan kelas 2 dan 4. Hal tersebut menjadikan yang seharusnya menjadi materi wajib kelas 3 tidak tersampaikan dengan tuntas.

Seharusnya materi tersebut dalam KMA dijelaskan terpisah, namun kenyataan dalam pegangan guru disatukan seolah-olah menjadi satu materi.

Materi ini merupakan materi yang seharusnya menjadi materi pokok kelas 4, yangmana seharusnya sudah dalam tahap memahami arti da nisi kandungan surat tersebut.

 

 

 

4.6.1 Membaca QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) secara benar dan fasih

4.6.2 Menghafalkan QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

Mari Belajar Tajwid “Hukum Qalqalah”

 

 

 

2x35 menit

 

 

 

 

3.2 Memahami hukum bacaan Qalqalah

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

Tidak relevan dan tidak konsisten, karena dalam  pokokbahasan hanya terdapat KD 3.2 dan 4.2. sedangkan, dalam KMA baik KI maupun KD tertulis secara lengkap.

 

4.2 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

Mari Belajar Surat Al-Fatihah

 

 

 

 

 

 

2x35 menit

 

 

 

 

 

 

 

1.1 Menghayati isi kandungan Q.S al-Fatihah (1) dan Q.S. al Ikhlas (112)

X

 

 

 

 

X

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak relevan dan tidak konsisten, karena dalam  pokok bahasan tidak terdapat KI1 (KD 4.), sedangkan, dalam KMA baik KI maupun KD tertulis secara lengkap.

 

 

 

 

 

2.1 Menunjukkan perilaku positif sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1) dan al Ikhlas(112) dalam kehidupan sehari-hari

3.1.1 Memahami arti dan Q.S. al-Fatihah (1) dan al-Ikhlas (112)

3.1.2 Memahami isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1) dan al-Ikhlas (112)

 

7

Mari Belajar Surat Al-Ikhlas

2x35 menit

1.1 Menghayati isi kandungan Q.S al-Fatihah (1) dan Q.S. al Ikhlas (112)

X

 

X

 

Tidak relevan dan tidak konsisten, karena dalam  pokok bahasan tidak terdapat KI1 (KD 4.), sedangkan, dalam KMA baik KI maupun KD tertulis secara lengkap.

 

2.1 Menunjukkan perilaku positif sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1) dan al Ikhlas(112) dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

3.1.1 Memahami arti dan Q.S. al-Fatihah (1) dan al-Ikhlas (112)

3.1.2 Memahami isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1) dan al-Ikhlas (112)

 

 

 

 

 

 

 

8

 

 

 

 

 

 

 

Mari Belajar Hadits Persaudaraan

 

 

 

 

2x35 menit

 

 

 

 

 

 

 

1.7 Menerima ajaran bahwa sesama mukmin adalah bersaudara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Relevan, Konsisten, dan Adequcy antara materi pokok dengan KI, KD, dan KMA

2.7 Terbiasa berperilaku saling menyayangi antara sesama

3.7.1 Mengetahui arti hadits tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari Abu

Musa

اَلمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَلُْنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

رواه البخارى ومسلم

3.7.2 Memahami isi kandungan hadits tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslimdari Abu Musa

اَلمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَلُْنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

رواه البخارى ومسلم

4.7 Menghafalkan hadits tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari AbuMusa

اَلمُؤْمِنُ لِلْمُؤْمِنِ كَلُْنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا

رواه البخارى ومسلم

9

 

 

 

Mari Belajar QS. Al-Qari’ah

2x35 menit

 

 

 

X

 

 

X

 

 

X

 

 

Tidak relevan, konsisten dan adequecy.

Di dalam buku pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.) dan KI 3 (KD 3.)  yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD secara lengkap.

Materi pokok dan KD pada buku pegangan guru tidak sesuai dengan KMA. Karena, materi yang terdapat pada KD tersebut dalam KMA termasuk pada pokok bahasan kelas 4 dan 5. Hal tersebut menjadikan yang seharusnya menjadi materi wajib kelas 3 tidak tersampaikan dengan tuntas.

Seharusnya materi tersebut dalam KMA dijelaskan terpisah, namun kenyataan dalam pegangan guru disatukan seolah-olah menjadi satu materi.

Materi ini merupakan materi yang seharusnya menjadi materi pokok kelas 4, yangmana seharusnya sudah dalam tahap memahami arti dan isi kandungan surat tersebut.

1.6.1 Menerima Q.S. al-Qari‘ah (101) dan at-Tiin (95) sebagai firman Allah SWT.

1.6.2 Mengamalkan ajaran Q.S. al-Qari‘ah (101) dan at-Tiin (95)

4.6.1 Membaca Q.S. al-Qari‘ah (101) dan at-Tiin (95) secara benar dan fasih

4.6.2 Menghafalkan Q.S. al-Qari‘ah (101) dan at-Tiin (95)

 

 

10

Mari Belajar QS. At-Tiin

2x35 menit

KMA KELAS 5

1.1.1 Menerima Q.S. al-Qaari‘ah (101) dan at-Tiin (95) sebagai firman Allah SWT.

1.1.2 Mengamalkan ajaran Q.S. al-Qaari‘ah (101) dan at-Tiin (95)

4.1 Membaca Q.S. al-Qaari‘ah (101) dan at-Tiin (95) secara benar dan fasih

4.2 Menghafalkan Q.S. al-Qaari‘ah (101) dan at-Tiin (95)

 

 

 

Tidak relevan, konsisten dan adequecy.

Di dalam buku pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.) dan KI 3 (KD 3.)  yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD secara lengkap.

Materi pokok dan KD pada buku pegangan guru tidak sesuai dengan KMA. Karena, materi yang terdapat pada KD tersebut dalam KMA termasuk pada pokok bahasan kelas 4 dan 5. Hal tersebut menjadikan yang seharusnya menjadi materi wajib kelas 3 tidak tersampaikan dengan tuntas.

Seharusnya materi tersebut dalam KMA dijelaskan terpisah, namun kenyataan dalam pegangan guru disatukan seolah-olah menjadi satu materi.

Materi ini merupakan materi yang seharusnya menjadi materi pokok kelas 5, yangmana seharusnya sudah dalam tahap memahami arti dan isi kandungan surat tersebut.

 


KESIMPULAN

1.       Terdapat beberapa KD yang disebutkan mengandung beberapa pokok materi yangmana dalam buku pegangan guru dibagi secara terpisah sehingga memakan waktu. Namun sisi positifnya pembahasan setiap bab menjadi lebih focus untuk satu materi pokok.

2.       Terdapat 2 materi pokok ( surat al-humazah dan at-takatsur) didalam buku pegangan guru, yangmana di dalam KMA merupakan materi pokok untuk kelas 2.

3.       Terdapat2  materi pokok ( surat al-zalzalah dan al-qari’ah) didalam buku pegangan guru, yangmana di dalam KMA merupakan materi pokok untuk kelas 4.

4.       Terdapat  materi pokok ( surat at-tiin) didalam buku pegangan guru, yangmana di dalam KMA merupakan materi pokok untuk kelas

5.      Menurut KMA, untuk KI 4 (KD 4. ) pada materi pokok kelas 3 mengenai surat-surat pendek yang disebutkan, secara keseluruhan seharusnya sudah memulai memahami arti da nisi kandungan dari ayat tersebut. Namun pada kenyataannya, pada buku pegangan guru, (KD 4.) mengarahkan peserta didik untuk membaca dan menghafal ayat-ayat yang disebutkan.


 

Lampiran


 



 





[1]Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, (Bandung: Citra Umbara, 2014), hal. 6.

[2] Gafur, Abdul. Desain intruksional: langkah sitematis penyusunan pola dasar kegiatan belajar mengajar, (Solo : Tingah Serangkai, 2005),  hal 17.

Posting Komentar untuk "ANALISIS PENGEMBANGAN MATERI QUR’AN HADITSMADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KELAS 1, 2 DAN 3"