ANALISIS PENGEMBANGAN MATERI QUR’AN HADITSMADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KELAS 1, 2 DAN 3
ANALISIS PENGEMBANGAN MATERI QUR’AN HADITSMADRASAH IBTIDAIYAH (MI)
KELAS 1, 2 DAN 3
Diajukan untuk
memenuhi salah satu tugas mata kuliah Pengembangan Materi Pendidikan Agama
Islam
Dosen Pengampu:
Dr. H. Muh. Wasith Achadi, S.Ag., M.Ag.
Oleh
Niswa Nadia
Ummami(19204010084)
PAI KELAS D
MAGISTER
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS
ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2020
PENDAHULUAN
Di dalam UU No.
20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3, diuangkapkan bahwa
pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta
peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa,
bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang
beriman dan bertakwa kepada Tuhan Tang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,
berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis
serta bertanggung jawab.[1]Pendidikan
Agama Islam merupakan salah satu alternatif yang menjadi proses untuk mencapai
terwujudnya sistem pendidikan nasional dalam membentuk peserta didik menjadi
insan yang beriman, berakhlak mulia, serta bertakwa Tuhan Yang Maha Esa.
Pendidikan
Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah terdiri atas empat mata pelajaran, yaitu:
Al-Qur'an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam.
Masing-masing mata pelajaran tersebut pada dasarnya saling terkait, isi mengisi
dan melengkapi. Al-Qur'an-hadis merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam arti
ia merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah), sehingga
kajiannya berada di setiap unsur tersebut.
Pendidikan
Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah yang terdiri atas empat mata pelajaran
tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Al-Qur’an-hadis, menekankan
pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami makna secara tekstual
dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam kehidupan
sehari-hari.Materi Akidah Akhlak terfokus pada pembahasan penanaman keimanan
dan akidah yang benar serta sifat-sifat terpuji yang garus dimiliki oleh anak
didik.Fikih membahas praktik ibadah sehari-hari dan sejarah membahas tentang
perjalanan umat Islam dari masa kemasa dari segi politik, budaya dan peradaban
(Permenag No.2/2008).
Mata pelajaran
Al-Qur'an-Hadis di Madrasah Ibtidaiyah adalah salah satu mata pelajaran PAI
yang menekankan pada kemampuan membaca dan menulis al-Qur'an dan hadis dengan
benar, serta hapalan terhadap surat-surat pendek dalam al-Qur'an, pengenalan
arti atau makna secara sederhana dari surat-surat pendek tersebut dan
hadis-hadis tentang akhlak terpuji untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari
melalui keteladanan dan pembiasaan.
Di dalam
membentuk insan yang beriman dan berakhlak
mulia pendidikan agama islam memiliki peran yang sangat penting untuk
menjadi pondasi dasar pembentukan karakterpositif peserta didik. Hal ini
sejalan dengan pengajaran dalam prinsop-prinsip yang harus dilakukan dalam
mengembangkan materi pembelajaran pendidikan agama islam sebagaimana yang
diungkapkan oleh Ghafur yaitu, kesesuaian (relevansi), keajegan (konsistensi),
dan kecukupan (adequacy).[2]
1.
Prinsip Relevansi, yaitu materi pembelajaran hendaknya sesuai
denganstandar kompetensi dan kompetensi dasar yang ditetapkan. Karena,standar
kompetensi dan kompetensi dasar merupakan bentukpenyederhanaan dari tujuan
pembelajaran. Jadi, ketika materi tersebut sesuai dengan standar kompetensi dan
kompetensi dasar, maka samaartinya materi itu telah sesuai dengan tujuan
pembelajaran yangdiharapkan.
2.
Perinsip Konsistensi. Yaitu keajegan hasil. Artinya,
materipembelajaran yang diberikan pada waktu tertentu harus dapat dibuktikan
kebenarannya. Lebih pada pelaksanaan pembelajaran, materipembelajaran harus
sebanding dengan banyaknya kompetensi dasaryang ditetapkan.
3.
Prinsip Adequacy, yaitu kecukupan. Materi pembelajaran harus dapat
memenuhi kebutuhan para peserta didik, agar mereka terbekali untuk mencapai
standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ditetapkan. Kemudian, untuk
mempermudah mereka dalam menguasai materi, maka kapasitasnya harus
diperhatikan. Materi pembelajaran hendaknya tidak terlalu banyak, dan tidak pula
terlalu sedikit.
Dari
prinsip-prinsip diatas, maka dalam hal pengembangan materi tersebut penulis
akan memaparkan analisis Pengembangan Materi Qur’an Hadits Madrasah Ibtidaiyah
(MI) untuk kelas 1, 2 dan 3yang ditinjau dari segi relevansi, konsistensi dan
adequacy, dengan standar acuan KMA No 183 tahun 2019.
Analisis
Materi Qur’an Hadits MI Kelas 1
Kompetensi Inti
KI.1 Menerima
dan menjalankan ajaranagama yang dianutnya.
KI.2 Memiliki perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli,
danpercaya diri dalam berinteraksi dengankeluarga, teman, dan guru.
KI.3 Memahami
pengetahuan faktual dengancara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan
menanyaberdasarkan rasa ingin tahu tentangdirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dankegiatannya, dan benda-benda yangdijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI.4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalambahasa yang jelas dan logis, dalamkarya yang estetis,
dalam gerakanyang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan yang
mencerminkanperilaku anak beriman danberakhlak mulia.
|
No |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu |
Kompetensi Dasar |
Relevansi |
Konsistensi |
Adequacy |
Keterangan |
|
1 |
Huruf
Hijaiyah 1 |
2x35 menit |
3.1 Mengetahui
huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah). |
X |
X |
√ |
Tidak
relevan dan tidak konsisten, karena
dalam pokok bahasan hanya terdapat KD 3.1 dan 4.1. sedangkan, dalam KMA baik
KI maupun KD tertulis secara lengkap. |
|
4.1 Membaca
huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj dan tanda bacanya (fathah, kasrah dan dhammah). |
|||||||
|
2 |
Surat
Al-Fatihah |
2x35 menit |
1.2.1Menerima
Q.S. al-Fatihah (1) , sebagai firman Allah Swt. 1.2.2 Menerima
Q.S. al-Fatihah (1) , sebagai firman Allah Swt. 1.2.3 Meyakini
bahwa mempelajari Al-Qur'an adalah ibadah. |
√ |
√ |
√ |
Relevan,
Konsisten, dan Adequcy antara
materi pokok dengan KI, KD, dan KMA. |
|
|
|
2.2 Memiliki
perilaku mencintai Al-Qur'an dalam kehidupan. |
|
|
|
||
|
|
|
3.2 Mengenal
ayat Q.S. al-Fatihah (1) |
|
|
|
||
|
|
|
4.2.1 Melafalkan
Q.S. al-Fatihah (1), secara benar dan fasih. 4.2.2 Menghafalkan
Q.S. al-Fatihah (1), secara benar. |
|
|
|
||
|
3 |
Surat
An-Naas |
2x35 menit |
1.2.1 Menerima
an-Naas (114) sebagai firman Allah Swt. 1.2.2 Membiasakan
melafalkan an-Naas (114) sehari-hari. 1.2.3 Meyakini
bahwa mempelajari Al-Qur'an adalah ibadah. |
√ |
√ |
√ |
Relevan,
Konsisten, dan Adequcy antara
materi pokok dengan KI, KD, dan KMA |
|
|
|
2.2 Memiliki
perilaku mencintai Al-Qur'an dalam kehidupan. |
|
|
|
||
|
|
|
3.2 Mengenal
ayat an-Naas (114) |
|
|
|
||
|
|
|
4.2.1 Melafalkan
an-Naas (114) secara benar dan fasih. 4.2.2 Menghafalkan
an-Naas (114) secara benar. |
|
|
|
||
|
4 |
Surat
Al-Falaq |
2x35 menit |
1.2.1
Menerima al-Falaq (113) sebagai firman Allah Swt. 1.2.2 Membiasakan melafalkan al-Falaq (113)
sehari-hari. 1.2.3
Meyakini bahwa mempelajari Al-Qur'an adalah ibadah. |
√ |
√ |
√ |
Relevan,
Konsisten, dan Adequcy antara
materi pokok dengan KI, KD, dan KMA |
|
2.2 Memiliki
perilaku mencintai Al-Qur'an dalam kehidupan. |
|||||||
|
3.2 Mengenal
ayat al-Falaq(113) |
|||||||
|
4.2.1 Melafalkan
al-Falaq (113) secara benar dan fasih. 4.2.2 Menghafalkan
al-Falaq(113) secara benar. |
|||||||
|
5 |
Surat
Al-Ikhlas |
2x35 menit |
1.2.1 Menerima
al-Ikhlas sebagai firman Allah Swt. 1.2.2 Membiasakan
melafalkan al-Ikhlas (112) sehari-hari. 1.2.3
Meyakini bahwa mempelajari Al-Qur'an adalah ibadah. |
√ |
√ |
√ |
Relevan,
Konsisten, dan Adequcy antara
materi pokok dengan KI, KD, dan KMA |
|
2.2 Memiliki
perilaku mencintai Al-Qur'an dalam kehidupan. |
|||||||
|
3.2 Mengenal
ayat al-Ikhlas (112) |
|||||||
|
4.2.1 Melafalkan
al-Ikhlas secara benar dan fasih. 4.2.1 Menghafalkan
al-Ikhlas (112) secara benar. |
|||||||
|
6 |
Huruf
Hijaiyah 2 |
2x35 menit |
3.3 Mengetahui
huruf-huruf hijaiyah dan tanda bacanya (fathahtain, kasrahtain dan dhammahtain). |
X |
X |
√ |
Tidak
relevan dan tidak konsisten, karena
dalam pokok bahasan hanya terdapat KD 3.3 dan 4.3 sedangkan, dalam KMA baik
KI maupun KD tertulis secara lengkap. Namun,
alangkah baiknya materi ini disusun setelah materi hijaiyah 1 agar sistematis,
karena dalam buku pegangan guru, setelah materi hijaiyah 1 materi al-fatihah,
dan materi tersebut bukan lanjutan dari materi hijaiyah 1. |
|
4.3 Membaca
huruf-huruf hijaiyah sesuai makhraj dan tanda bacanya (fathahtain,kasrahtain
dan dhammahtain). |
|||||||
|
7 |
Surat
Al-Lahab |
2x35 menit |
1.2.1 Menerima
Q.S. al-Lahab (111) sebagai firman Allah Swt. 1.2.2
Membiasakan melafalkan al-Lahab (111) sehari-hari. 1.2.3
Meyakini bahwa mempelajari Al-Qur'an adalah ibadah. |
√ |
√ |
√ |
Relevan,
Konsisten, dan Adequcy antara
materi pokok dengan KI, KD, dan KMA |
|
2.2 Memiliki
perilaku mencintai Al-Qur'an dalam kehidupan. |
|||||||
|
3.2 Mengenal
ayat al-Lahab (111). |
|||||||
|
|
4.2.1 Melafalkan
al-Lahab (111) secara benar dan fasih. 4.2.2
Menghafalkan al-Lahab (111) secara benar. |
|
|||||
|
8 |
Surat
An- Nasr |
2x35 menit |
1.4.1 Menerima
Q.S. an-Nasr (110) sebagai firman Allah Swt. 1.4.2
Membiasakan melafalkan Q.S. an-Nasr (110) sehari-hari. |
√ |
√ |
√ |
Relevan,
Konsisten, dan Adequcy antara
materi pokok dengan KI, KD, dan KMA |
|
2.4 Memiliki
perilaku mencintai Al-Qur'an-Hadis. |
|||||||
|
3.4 Mengenal
Q.S. an-Nasr (110). |
|||||||
|
4.4.1 Melafalkan
Q.S. an-Nasr (110) secara benar dan fasih. 4.4.2
Menghafalkan Q.S. an-Nasr (110) secara benar. |
|||||||
|
9 |
Surat
Al-Quraisy |
2x35 menit |
1.4.1 Menerima
Q.S. an-Nasr (110) sebagai firman Allah Swt. 1.4.2
Membiasakan melafalkan Q.S. an-Nasr (110) sehari-hari. |
√ |
√ |
√ |
Relevan,
Konsisten, dan Adequcy antara
materi pokok dengan KI, KD, dan KMA |
|
2.4 Memiliki
perilaku mencintai Al-Qur'an-Hadis. |
|||||||
|
3.4 Mengenal
Q.S. an-Nasr (110). |
|||||||
|
4.4.1 Melafalkan
Q.S. an-Nasr (110) secara benar dan fasih. 4.4.2
Menghafalkan Q.S. an-Nasr (110) secara benar. |
|||||||
|
10 |
Hadits
Tentang Kebersihan |
|
1.5 Meyakini
bahwa Allah mencintai orang-orang yang menjaga kebersihan. |
√ |
√ |
√ |
Relevan,
Konsisten, dan Adequcy antara
materi pokok dengan KI, KD, dan KMA |
|
2.5.1 Memiliki
perilaku mencintai Al-Qur'an-Hadis. 2.5.2
Terbiasa berperilaku bersih dalam kehidupan sehari-hari. |
|||||||
|
3.5.1 Mengetahui
arti hadis tentang kebersihan secara sederhana riwayat Muslim... Athhohuru syatrul iman 3.5.2
Memahami isi kandungan hadis tentang kebersihan secara sederhana riwayatMuslim…. |
|||||||
|
4.5 Menghafalkan
hadis tentang kebersihan riwayat Muslim…. |
KESIMPULAN
1. Secara
keseluruhan materi pokok yang terdapat pada buku pegangan guru sudah sesuai
dengan KMA dan adequecy.
2. Terdapat
beberapa KD yang disebutkan mengandung beberapa pokok materi yangmana dalam
buku pegangan guru dibagi secara terpisah sehingga memakan waktu. Namun sisi
positifnya pembahasan setiap bab menjadi lebih fokus
untuk satu materi pokok.
3. Terdapat 3
materi pokok ( surat al-kafirun, surat al-kautsar, surat al-ma’un) yang
tercantum dalam KMA, namun tidak terdapat pada buku pegangan guru.
4. Zajzajaxax
5. 4.mkcdcmkcmcmcmcmcmcmc
Analisis Materi Qur’an Hadits MI Kelas 2
Kompetensi Inti
KI.1 Menerima
dan menjalankan ajaranagama yang dianutnya.
KI.2 Memiliki perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli,
danpercaya diri dalam berinteraksi dengankeluarga, teman, dan guru.
KI.3 Memahami
pengetahuan faktual dengancara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan
menanyaberdasarkan rasa ingin tahu tentangdirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dankegiatannya, dan benda-benda yangdijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI.4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalambahasa yang jelas dan logis, dalamkarya yang estetis,
dalam gerakanyang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan yang
mencerminkanperilaku anak beriman danberakhlak mulia.
|
No |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu |
Kompetensi Dasar |
Relevansi |
Konsistensi |
Adequacy |
Keterangan |
|
1 |
Aku Dapat Menulis Huruf-Huruf Hijaiyah Terpisah |
2x35 menit |
3.1 Mengetahui
penulisan huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dan bersam Bung |
X |
X |
√ |
Tidak
relevan dan tidak konsisten, karena
dalam pokok bahasan hanya terdapat KD 3.1 dan 4.1. sedangkan, dalam KMA baik
KD maupun KD tertulis secara lengkap. |
|
4.1 Menulis
huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung |
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
2 |
Aku
Bisa Menulis Huruf-Huruf Hijaiyah Sambung |
2x35 menit |
3.1 Mengetahui
penulisan huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dan bersam Bung |
X |
X |
√ |
Tidak
relevan dan tidak konsisten, karena
dalam pokok bahasan hanya terdapat KD 3.1 dan 4.1. sedangkan, dalam KMA baik
KI maupun KD tertulis secara lengkap. |
|
4.1 Menulis
huruf-huruf hijaiyah secara terpisah dan bersambung |
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
3 |
Aku
Dapat Membaca Bacaan Ghunnah |
2x35 menit |
3.2
Memahami hukum bacaan ghunnah |
X |
X |
√ |
Tidak
relevan dan tidak konsisten, karena
dalam pokok bahasan hanya terdapat KD 3.2 dan 4.2, sedangkan dalam KMA baik
KI maupun KD tertulis secara lengkap. |
|
4.2 Menerapkan
hukum bacaan ghunnah |
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
4 |
Aku
Senang Belajar Alqur’an |
2x35 menit |
1.4 Meyakini
bahwa mempelajari al-Qur'an dan Hadis adalah ibadah |
√ |
√ |
√ |
Relevan,
Konsisten, dan Adequcy antara
materi pokok dengan KI, KD, dan KMA. |
|
2.4.1 Memiliki
perilaku senang mempelajari al-Qur'an hadis 2.4.2
Membiasakan membaca al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari 2.4.3
Bersedia mengajarkan al-Qur'an kepada orang lain |
|||||||
|
3.4 Mengetahui
arti Hadis tentang keutamaan belajar al-Qur'an riwayat Bukhari dari
Utsman bin Affan (خَيْرُكُمْ
مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ) |
|||||||
|
4.4 Memahami
isi kandungan Hadis tentang keutamaan belajar al- Quran riwayat
Bukhari dari Utsman bin Affan (خَيْرُكُمْ
مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ) |
|||||||
|
5 |
Aku
Hafal Surat Al-Kautsar |
2x35 menit |
1.4.1
Menerima QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109) sebagai firman Allah Swt. 1.4.2
Terbiasa membaca QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109) sehari-hari. |
X |
X |
X |
Tidak
Relevan, Tidak Konsisten dan Tidak Adequecy. Tidak relevan
dan konsisten,karena di dalam buku pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.),
sedangkan dalam KMA tercantum KI dan KD secara lengkap. Selain itu,materi
tersebut dalam KMA seharusnya disampaikan pada materi kelas 1, namun
kenyataannya terdapat pada materi kelas 2. Hal tersebut menyebabkan tidak
adequency karena akan memakan waktu yang cukup banyak, sehingga materi kelas
2 yang seharusnya wajib disampaikan, menjadi tidak tersampaikan dengan
tuntas. |
|
|
|
|
3.4Mengenal
QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109) |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.4
Melafalkan QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109) secara benar dan fasih |
|
|
|
|
|
6 |
Aku
Hafal Surat Al-Kafirun |
2x35 menit |
1.4.1
Menerima QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109) sebagai firman Allah Swt. 1.4.2
Terbiasa membaca QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109) sehari-hari |
X |
X |
X |
Tidak
Relevan, Tidak Konsisten dan Tidak Adequecy. Karenadalam
buku pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.) yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD
secara lengkap. Materi
tersebut seharusnya disampaikan pada materi kelas 1, namun kenyataannya
terdapat pada materi kelas 2. Hal tersbut akan memakan waktu yang cukup
banyak, sehingga materi kelas 2 yang seharusnya wajib disampaikan, menjadi
tidak tersampaikan dengan tuntas. |
|
3.4Mengenal
QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109) |
|||||||
|
4.4
Melafalkan QS. al-Kautsar (108) dan al-Kafirun (109) secara benar dan fasih |
|||||||
|
|
|||||||
|
7 |
Aku
Bisa Membaca Bacaan Al-Qamariyah dan Al-Syamsiyah |
2x35 menit |
3.6 Memahami
hukum bacaan al-Qamariyah dan al-Syamsiyah |
X |
X |
√ |
Tidak
relevan dan tidak konsisten, karena
dalam pokok bahasan hanya terdapat KD 3.6 dan 4.6, sedangkan dalam KMA baik
KI maupun KD tertulis secara lengkap. |
|
|
|
4.6 Menerapkan
hukum bacaan al-Qamariyah dan al-Syamsiyah |
|
|
|
||
|
8 |
Aku
Hormat Kepada Orangtua |
2x35 menit |
1.7 Meyakini
bahwa keRidhaan Allah tergantung pada ke-Ridhaan kedua orang tua |
√ |
√ |
√ |
Relevan,
Konsisten, dan Adequcy antara
materi pokok dengan KI, KD, dan KMA. |
|
|
|
2.7 Terbiasa
berperilaku hormat kepada orang tua sebagai implementasi dari pemahaman
Hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmidzi dari Abdullah
bin Umar . . . رِضَا اللهِ
فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.7.1 Menerjemahkan
Hadis tentang kepada orang tua riwayat Tirmizi dari Abdullah bin
Umar . . . رِضَا اللهِ
فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ 3.2 Memahami
isi kandungan Hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat
Tirmizi dari Abdullah bin Umar . . . رِضَا اللهِ
فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.7 Menghafalkan
Hadis tentang hormat kepada orang tua riwayat Tirmizi dari Abdullah
bin Umar . . . رِضَا اللهِ
فِي رِضَا اَلْوَالِدَيْنِ |
|
|
|
|
|
|
9 |
Aku
Hafal Surat Al-Maun |
2x35 menit |
1.3.1
Menerima QS. al-Ma’un (107),al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) sebagai
firman Allah Swt.. 1.3.2
Membiasakan melafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97)
sehari-hari |
X |
X |
X |
Tidak
Relevan, Konsisten, dan Adequcy ,karena dalam buku pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.) yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD
secara lengkap. Antara materi
pokok, KD dan KMA, karena dalam KMA
materi pokok yang disampaikan pada kelas 2 hanya surat al ‘asr dan al fil,
namun pada kenyataannya ada materi kelas 1 dan kelas 6 dalam KD tersebut,
sehingga ini akan memakan waktu yang cukup banyak dari waktu yang seharusnya. Materi ini merupakan materi yang seharusnya menjadi materi pokok kelas 1. |
|
3.3 Mengenal
QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) |
|||||||
|
4.3.1
Melafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) secara benar
dan fasih 4.3.2
Menghafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr(103), dan al-Qadr (97) secara
benar |
|||||||
|
|
|||||||
|
10 |
Aku
Hafal Surat Al-Fil |
2x35 menit |
1.3.1 Menerima
QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97)sebagai
firman Allah Swt. 1.3.2 Terbiasa
membaca QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr(97)
sehari-hari. |
√ |
√ |
√ |
Relevan,
Konsisten, dan Adequcy antara
materi pokok dengan KI, KD, dan KMA. |
|
|
|
|
2.3 Memiliki
perilaku mencintai al-Qur'an Hadis |
|
|
|
|
|
|
|
|
3.3 Menghafalkan
QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr(97) secara
benar. |
|
|
|
|
|
|
|
|
4.3 Menerima
QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) sebagai
firman Allah Swt.. |
|
|
|
|
|
11 |
Aku
Hafal Surat Al-‘Ashr |
2x35 menit |
1.5.1
Menerima QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) sebagai
firman Allah Swt.. 1.5.2
Terbiasa membaca QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan
al-Qadr (97) sehari-hari. |
√ |
√ |
X |
Tidak
Adequacy, karena pokok
bahasan dalam KD terlalu banyak dan tidak sebanding dengan jumlah waktu yang
ada |
|
2.5 Memiliki
perilaku mencintai al-Qur'an Hadis |
|||||||
|
3.5
Menghafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr
(97) secara benar. |
|||||||
|
4.5 Menerima
QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) sebagai
firman Allah Swt.. |
|||||||
|
12 |
Surat
Hafal Al-Qadr |
|
1.3.1
Menerima QS. al-Ma’un (107),al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97)sebagai
firman Allah Swt.. 1.3.2
Membiasakan melafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), danal-Qadr
(97) sehari-hari 3.3 Mengenal
QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97) 4.3.1
Melafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr (103), dan al-Qadr (97)
secara benar dan fasih 4.3.2
Menghafalkan QS. al-Ma’un (107), al-Fil (105), al-‘Ashr(103), dan al-Qadr(97)
secara benar |
X |
X |
X |
Tidak
Relevan, Konsisten, dan Adequcy ,karena dalam buku pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.) yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD
secara lengkap. Antara materi
pokok, KD dan KMA, karena dalam KMA
materi pokok yang disampaikan pada kelas 2 hanya surat al ‘asr dan al fil,
namun pada kenyataannya ada materi kelas
1 dan kelas 6 dalam KD tersebut, sehingga ini akan memakan waktu yang cukup
banyak dari waktu yang seharusnya. Materi ini merupakan materi yang seharusnya menjadi
materi pokok kelas 6,
yangmana seharusnya sudah dalam tahap memahami arti da nisi kandungan surat
tersebut. . |
KESIMPULAN
1. Secara
keseluruhan untuk materi pokok yang terdapat pada buku pegangan guru sudah
sesuai dengan KD yang disebutkan.
2. Terdapat
beberapa KD yang disebutkan mengandung beberapa pokok materi yangmana dalam
buku pegangan guru dibagi secara terpisah sehingga memakan waktu. Namun sisi
positifnya pembahasan setiap bab menjadi lebih focus untuk satu materi pokok.
3. Terdapat 3
materi pokok ( surat al-kautsar, surat kafirun, dan surat al-ma’un) didalam
buku pegangan guru, yangmana di dalam KMA merupakan materi pokok untuk kelas 2.
4. Terdapat materi pokok ( surat al-qadr) didalam buku
pegangan guru, yangmana di dalam KMA merupakan materi pokok untuk kelas 6.
Analisis Materi
QUR’AN HADITS MI KELAS 3
Kompetensi Inti
KI.1 Menerima
dan menjalankan ajaranagama yang dianutnya.
KI.2 Memiliki perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, santun, peduli,
danpercaya diri dalam berinteraksi dengankeluarga, teman, dan guru.
KI.3 Memahami
pengetahuan faktual dengancara mengamati, mendengar, melihat, membaca, dan
menanyaberdasarkan rasa ingin tahu tentangdirinya, makhluk ciptaan Tuhan dankegiatannya,
dan benda-benda yangdijumpainya di rumah dan di sekolah.
KI.4 Menyajikan
pengetahuan faktual dalambahasa yang jelas dan logis, dalamkarya yang estetis,
dalam gerakanyang mencerminkan anak sehat,dan dalam tindakan yang
mencerminkanperilaku anak beriman danberakhlak mulia..
|
No |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu |
Kompetensi Dasar |
Relevansi |
Konsistensi |
Adequacy |
Keterangan |
|
1 |
Mari
Belajar Hadits Sholat Berjamaah |
2x35 menit |
1.3 Meyakini
bahwa salat berjamaah lebih utama daripada salat sendirian |
√ |
√ |
√ |
Relevan,
Konsisten, dan Adequcy antara
materi pokok dengan KI, KD, dan KMA. |
|
2.3 Mengetahui
arti hadits tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim, Tirmizi,Nasai,
Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar صلاة الجماعة افضل |
|||||||
|
3.3 Memahami isi kandungan hadits tentang salat berjamaah riwayat
Bukhari, Muslim,Turmuzi, Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar صلاة الجماعة
افضل |
|||||||
|
4.3 Menghafalkan hadits tentang salat berjamaah riwayat Bukhari, Muslim,
Tirmizi,Nasai, Ibnu Majah, dan Ahmad dari Ibnu Umar صلاة الجماعة
افضل |
|||||||
|
2 |
Mari Belajar QS. Al-Humazah |
2x35 menit |
1.3.1
Menerima QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99)
sebagai firman Allah
SWT. 1.3.2
Membisakan membaca QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99)
sehari-hari 4.3.1 Membaca
QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) secara benar dan
fasih 4.3.2
Menghafalkan QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) |
X |
X |
X |
Tidak relevan, konsisten dan adequecy. Di dalam buku
pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.) dan KI 3 (KD 3.) yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD
secara lengkap. Materi pokok
dan KD pada buku pegangan guru tidak sesuai dengan KMA. Karena, materi yang
terdapat pada KD tersebut dalam KMA termasuk pada pokok bahasan kelas 2 dan
4. Hal tersebut menjadikan yang seharusnya menjadi materi
wajib kelas 3 tidak tersampaikan dengan tuntas. Seharusnya
materi tersebut dalam KMA dijelaskan terpisah, namun kenyataan dalam pegangan
guru disatukan seolah-olah menjadi satu materi. Materi ini merupakan materi yang seharusnya menjadi materi pokok kelas 2. |
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
3 |
Mari Belajar QS. At-Takasur |
2x35 menit |
1.1 Menerima
QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) sebagai firman
Allah SWT. 1.2
Membisakan membaca QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah
(99) sehari-hari. 1.3
Meyakini bahwa salat berjamaah lebih utama daripada salat sendirian |
X |
X |
X |
Tidak relevan, konsisten dan adequecy. Di dalam buku
pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.) dan KI 3 (KD 3.) yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD
secara lengkap. Selain itu, pada KD
1.3.3 bukannya membahas mengenai surat at-takatsur tetapi tentang sholat
berjamaah yang merupakan materi pokok kelas 3 pada bab 1. Materi pokok
dan KD pada buku pegangan guru tidak sesuai dengan KMA. Karena, materi yang
terdapat pada KD tersebut dalam KMA termasuk pada pokok bahasan kelas 2 dan
4. Hal tersebut menjadikan yang seharusnya menjadi materi
wajib kelas 3 tidak tersampaikan dengan tuntas. Seharusnya
materi tersebut dalam KMA dijelaskan terpisah, namun kenyataan dalam pegangan
guru disatukan seolah-olah menjadi satu materi. Materi ini merupakan materi yang seharusnya menjadi materi pokok kelas 2. |
|
4.1 Membaca
QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) secara benar
dan fasih 4.2
Menghafalkan QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) |
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
4 |
Belajar QS. Al-Zalzalah |
2x35 menit |
1.6.1
Menerima QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99)
sebagai firman Allah SWT. 1.6.2
Membisakan membaca QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah
(99) sehari-hari. |
X |
X |
X |
Tidak relevan, konsisten dan adequecy. Di dalam buku
pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.) dan KI 3 (KD 3.) yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD
secara lengkap. Materi pokok
dan KD pada buku pegangan guru tidak sesuai dengan KMA. Karena, materi yang
terdapat pada KD tersebut dalam KMA termasuk pada pokok bahasan kelas 2 dan
4. Hal tersebut menjadikan yang seharusnya menjadi materi
wajib kelas 3 tidak tersampaikan dengan tuntas. Seharusnya
materi tersebut dalam KMA dijelaskan terpisah, namun kenyataan dalam pegangan
guru disatukan seolah-olah menjadi satu materi. Materi ini merupakan materi yang seharusnya menjadi materi pokok kelas 4, yangmana seharusnya sudah dalam tahap memahami arti da nisi
kandungan surat tersebut. |
|
|
|
|
4.6.1 Membaca
QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) secara benar
dan fasih 4.6.2
Menghafalkan QS. al-Humazah (104), at-Takaatsur (102), dan az-Zalzalah (99) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Mari Belajar Tajwid “Hukum Qalqalah” |
2x35 menit |
3.2 Memahami hukum bacaan Qalqalah |
X |
X |
√ |
Tidak
relevan dan tidak konsisten, karena
dalam pokokbahasan hanya terdapat KD
3.2 dan 4.2. sedangkan, dalam KMA baik KI maupun KD tertulis secara lengkap. |
|
4.2 Menerapkan hukum bacaan Qalqalah |
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
6 |
Mari Belajar Surat Al-Fatihah |
2x35 menit |
1.1 Menghayati isi kandungan Q.S al-Fatihah (1) dan Q.S. al Ikhlas (112) |
X |
X |
√ |
Tidak
relevan dan tidak konsisten, karena
dalam pokok bahasan tidak terdapat KI1
(KD 4.), sedangkan, dalam KMA baik KI maupun KD tertulis secara lengkap. |
|
2.1 Menunjukkan perilaku positif sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1)
dan al Ikhlas(112) dalam kehidupan sehari-hari |
|||||||
|
3.1.1 Memahami arti dan Q.S. al-Fatihah (1) dan al-Ikhlas (112) 3.1.2 Memahami isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1) dan al-Ikhlas (112) |
|||||||
|
|
|||||||
|
7 |
Mari Belajar Surat Al-Ikhlas |
2x35 menit |
1.1 Menghayati isi kandungan Q.S al-Fatihah (1) dan Q.S. al Ikhlas (112) |
X |
X |
√ |
Tidak
relevan dan tidak konsisten, karena
dalam pokok bahasan tidak terdapat KI1
(KD 4.), sedangkan, dalam KMA baik KI maupun KD tertulis secara lengkap. |
|
2.1 Menunjukkan perilaku positif sesuai isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1)
dan al Ikhlas(112) dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
|
||||
|
3.1.1 Memahami arti dan Q.S. al-Fatihah (1) dan al-Ikhlas (112) 3.1.2 Memahami isi kandungan Q.S. al-Fatihah (1) dan al-Ikhlas (112) |
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
||||
|
8 |
Mari Belajar Hadits Persaudaraan |
2x35 menit |
1.7 Menerima ajaran bahwa sesama mukmin adalah bersaudara |
√ |
√ |
√ |
Relevan,
Konsisten, dan Adequcy antara
materi pokok dengan KI, KD, dan KMA |
|
2.7 Terbiasa berperilaku saling menyayangi antara sesama |
|||||||
|
3.7.1 Mengetahui arti hadits tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim
dari Abu Musa اَلمُؤْمِنُ
لِلْمُؤْمِنِ كَلُْنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا رواه البخارى
ومسلم 3.7.2 Memahami isi kandungan hadits tentang persaudaraan riwayat Bukhari
Muslimdari Abu Musa اَلمُؤْمِنُ
لِلْمُؤْمِنِ كَلُْنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا رواه البخارى
ومسلم |
|||||||
|
4.7 Menghafalkan hadits tentang persaudaraan riwayat Bukhari Muslim dari
AbuMusa اَلمُؤْمِنُ
لِلْمُؤْمِنِ كَلُْنْيَانِ يَشُدُّ بَعْضُهُ بَعْضًا رواه البخارى
ومسلم |
|||||||
|
9 |
Mari Belajar QS. Al-Qari’ah |
2x35 menit |
|
X |
X |
X |
Tidak relevan, konsisten dan adequecy. Di dalam buku
pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.) dan KI 3 (KD 3.) yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD
secara lengkap. Materi pokok
dan KD pada buku pegangan guru tidak sesuai dengan KMA. Karena, materi yang
terdapat pada KD tersebut dalam KMA termasuk pada pokok bahasan kelas 4 dan
5. Hal tersebut menjadikan yang seharusnya menjadi materi
wajib kelas 3 tidak tersampaikan dengan tuntas. Seharusnya
materi tersebut dalam KMA dijelaskan terpisah, namun kenyataan dalam pegangan
guru disatukan seolah-olah menjadi satu materi. Materi ini merupakan materi yang seharusnya menjadi materi pokok kelas 4, yangmana seharusnya sudah dalam tahap memahami arti dan isi
kandungan surat tersebut. |
|
1.6.1
Menerima Q.S. al-Qari‘ah (101) dan at-Tiin (95) sebagai firman Allah SWT. 1.6.2
Mengamalkan ajaran Q.S. al-Qari‘ah (101) dan at-Tiin (95) |
|||||||
|
4.6.1 Membaca
Q.S. al-Qari‘ah (101) dan at-Tiin (95) secara benar dan fasih 4.6.2
Menghafalkan Q.S. al-Qari‘ah (101) dan at-Tiin (95) |
|||||||
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
10 |
Mari Belajar QS. At-Tiin |
2x35 menit |
KMA KELAS 5 1.1.1 Menerima Q.S. al-Qaari‘ah (101) dan at-Tiin
(95) sebagai firman Allah SWT. 1.1.2 Mengamalkan ajaran Q.S. al-Qaari‘ah (101)
dan at-Tiin (95) 4.1 Membaca Q.S. al-Qaari‘ah (101) dan at-Tiin (95) secara benar dan
fasih 4.2 Menghafalkan Q.S. al-Qaari‘ah (101) dan at-Tiin (95) |
|
|
|
Tidak relevan, konsisten dan adequecy. Di dalam buku
pegangan guru tidak terdapat KI 2 (KD 2.) dan KI 3 (KD 3.) yangmana dalam KMA tercantum KI dan KD
secara lengkap. Materi pokok
dan KD pada buku pegangan guru tidak sesuai dengan KMA. Karena, materi yang
terdapat pada KD tersebut dalam KMA termasuk pada pokok bahasan kelas 4 dan
5. Hal tersebut menjadikan yang seharusnya menjadi materi
wajib kelas 3 tidak tersampaikan dengan tuntas. Seharusnya
materi tersebut dalam KMA dijelaskan terpisah, namun kenyataan dalam pegangan
guru disatukan seolah-olah menjadi satu materi. Materi ini merupakan materi yang seharusnya menjadi materi pokok kelas 5, yangmana seharusnya sudah dalam tahap memahami arti dan isi
kandungan surat tersebut. |
KESIMPULAN
1. Terdapat
beberapa KD yang disebutkan mengandung beberapa pokok materi yangmana dalam
buku pegangan guru dibagi secara terpisah sehingga memakan waktu. Namun sisi
positifnya pembahasan setiap bab menjadi lebih focus untuk satu materi pokok.
2. Terdapat 2
materi pokok ( surat al-humazah dan at-takatsur) didalam buku pegangan guru,
yangmana di dalam KMA merupakan materi pokok untuk kelas 2.
3. Terdapat2 materi pokok ( surat al-zalzalah dan
al-qari’ah) didalam buku pegangan guru, yangmana di dalam KMA merupakan materi
pokok untuk kelas 4.
4. Terdapat materi pokok ( surat at-tiin) didalam buku
pegangan guru, yangmana di dalam KMA merupakan materi pokok untuk kelas
5.
Menurut KMA, untuk KI 4 (KD 4. ) pada materi pokok kelas 3 mengenai
surat-surat pendek yang disebutkan, secara keseluruhan seharusnya sudah memulai
memahami arti da nisi kandungan dari ayat tersebut. Namun pada kenyataannya,
pada buku pegangan guru, (KD 4.) mengarahkan peserta didik untuk membaca dan
menghafal ayat-ayat yang disebutkan.
Lampiran
Posting Komentar untuk "ANALISIS PENGEMBANGAN MATERI QUR’AN HADITSMADRASAH IBTIDAIYAH (MI) KELAS 1, 2 DAN 3"