LUPA DALAM PSIKOLOGI BELAJAR
BAB I
PENDAHULUAN
LATAR BELAKANG
Manusia mempunyai dianugerahi tuhan dengan kemampuan yang luar biasa. Jika kiata amati manusia sendiri mempunyai fisik dan tubuh yang sempurna dengan kesempurnaanya manusia dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan sesama manusia . kita tahu , disamping manusia dilengkapai dengan organ tubuh yang lengkap manusia juga di lengkapi dengan spesifikasi otak yang lengkap .manusia dapat berbahasa karena mempunyai otak yang sanagt luar biasa dibangdingkan dengan makhluk yyang lain.
Kelahiran manusia di dunia ini membawa perubahan bagi yang lain . dunia ini berubah keadaannya karena manusia menciptakan perubahan .dibalik itu manusia juga mempunyai memori yang sangat kuat dalam mengingat .otak manusia mempunyai beberapa bagian yang mana bagian tersebut sebagai ruang pengatur dalam membagi kerjaan dalam mengatur sistem syaraf.
Manusia juga sering mengalami lupa .karena itu lupa merupakan anugerah yang mana dapat menghilangkan kejenuhan . dalam pembagiannya otak manusia mempunyai jangka panjang dan jangka pendek dalam mengingat sesuatu.otak manusia ada beberapa bagian jika di teliti dalam kedokteran yaitu ada bagian tengah ,otak kanan dan otak kiri .
RUMUSAN MASALAH
Dalam pembahassan ini kami menyimpulkan rumusan masalah dengan latar belakang masalah:
1. Memori dalam diri manusia
2. Tiga tahap memori
3. Tiga jenis Memori dalam diri manusia .
4. Lupa dan proses terjadinya
5. Meningkatkan daya ingat memori .
BAB II
PEMBAHASAN
LUPA DALAM PSIKOLOGI BELAJAR
1.MEMORI DALAM DIRI MANUSIA
Manusia dalam dirinya mempunyai ddaya ingat yang luar biasa di bandingkan dengan makhluk lainnya . secara sederhana memori dapat di mengerti sebagai kemampuan untuk menyimpan informasi sehingga dapat di gunakan lagi di masa yang akan datang . batasan ini mengandung beberapa implikasi .
Pertama, manusia atau organisme di harap kan dapat menyimpan informasi . untuk informasi yang di terima melalui semua indera akan di ubah bentuknya sedemikian rupa sehinggga dapat di simpan dala otak. Proses pengubahan informasi menjadi symbol –simbol atau gelombang listrik tertentu yang sesuai dengan peringkat yang ada pada organisme di sebut :encoding .setelah encoding di lakukan ,baru dapat dilakukan penyimpangan atau retensi atau storeg . batasan diatas menunjukkan bahawa informasi tidak hanya di simpan aja. Tapi harus dapat di panggil kemabali .inilah yang di sebut trieval .apabila yang sudah di simpan tidak dapat di panggil kembali , terjadi proses lupa.[1]
Lupa adalah persoalan sehaari –hari yang bisa di alami siapa saja .kendati sering menganggap lupa itu meyebalkan ,terutama jika anda mengalaminya saat ujian psikologi ,tetapi lupa sringkali bermanfaat . pikirkan kembali hari selasa tiga minggu yang lalu . saat anda meninggalkan rumah ,apa merk dan warna mobil kesembilan di jalan raya ? hamper pasti anda tidak bisa mengingatnya . ini bukan sesuatu yang beruk ! jika tidak bisa melupakan ,kita akan di ganggu detil –detil fakta dan kejadian yang remeh yang terus merongrong kesadaran kita . kita lupa sesuatu dari ingatan jangka pangjang dan jangka pendek ,karena sejumlah alasan. Berikut ini ada alaasan kita lupa sesuatu dari ingatan jangka panjang : ketergantungan petunjuk (cue- depency ) dan penahanan ingatan ( atau represi (repression ) . ketergantungan petunjuk merupakan gejala yang sudah di akui secara umum . barangkali ketergantungan petunjuk merupakan gejala yang sudah di akui secara umum . barangkalai ketergantungan petunjuk adalah alasan yang paling umum untuk melupakan sesuatu .sebaliknya represi jauh lebih controversial dan lebih jarang terjadi .[2]
2.TIGA TAHAP MEMORI
Bayangkan suatu pagi anda di perkenalkan dengan seorag kawan baru namanya Barbara chon .sore itu anda bertemu lagi dengannya dan mengatakan sesuatu sepeeri:”anda barabara chon .kita bertemu tadi pagi .”jelas anada telah telah mengingat namanya . tetapi tepat bagaimana anda mengingatnya ?.
Prestasi minor memori anda dapat dibagi menjadi tiga tahap . pertama , saat anda di perkenalkan ,anda memasukkan nama Barbara cohn kedalam memori :inilah yang di sebut tahap penyandian . anda mengubah transformasi ) masukkan fisik ( gelombang suara ) yang bersesuaian dengan ucapan namanya menjadi sandi (kode) atau representasi yang di terima oleh memori . kedua,anda mempertahankan atau menyimpan – nama itu selama waktu diantara dua pertemuan , inilah tap penyimpanan . dan ketiga anda bisa mendapatkan kembali nama itu dari penyimpanan pada saat pada saat pertemuan anda yang kedua , inilah tahap pengambilan ( pengingatan kembali ).
Memori dapat mengalami gangguan pada salah ssatu dari ketiga tahap itu . anda mungkin tidak mampu mengingat nama Barbara pada pertemuan kedua , butir ini dapat mencerminkan kegagalan dalam penyandian ,penyimpanan atau pengambilan . sebagian besar riset tentang memori berupaya mengetahui operasi mental yang terjadi pada masing – masing ketiga stadium memori itu dan menjelaskan bagaimana operasi tersebut dapat menyimpan dan menyebabkan kegagalan memori .[3]
|
penyandian |
|
Pengingatan |
|
penyimpanan |
Memasukkan mempertahankan pengambilan dari
Kedalam memori dalam memori memori
3. TIGA JENIS MEMORI DALAM DIRI MANUSIA
a. Memori sensoris , yaitu proses penyimapanan memori melalui jalu syaraf –syaraf sensoris berlangsung dalam waktu amat pendek . untuk menggambarkan memori sensoris ini cobalah matikan semua lampu di ruang belajar anda , hidupkan satu lampu saja diatas meja belajar . tutup mata anda sebentar , dekatkan jari-jari tangan anda pada lampu diatas meja , kemudian buka mata sejenak dan tutup lagi kedua mata anda . pada saat itu akan terlintas bayangan jari – jari anda selama beberapa detik .seperti itulah beerlangsungnya memori sensoris .
b. memori jangka pendek
suatu proses penyimpanan memori sementara . disebut juga working memory ,karena informasi yang disimpan hanya di pertahankan selama informasi itu masih di butuhkan .
c. memori jangka panjang
suatu proses penyimpanan informasi yang relative permanen .
ketiga jenis memori itu saling berhubungan erat . informasi akan di terima kedalam memori sensoris ,kemudian sejumlah tertentu akan di teruskan ke dalam memori jangka pendek ada proses seleksi lagi utuk di teruskan ke memori jangka panjang yang ti dak di teruskan juga akan di lupakan .[4]
4. LUPA DAN PROSES TERJADINYA
Dalam diri kita mungkin sering terjadi lupa ,banyak orang yang lupa dengan suatu hal yang mana yang telah di ingatnya telah hilang .lupa dalam kehidupan merupakan suatu gejala dimana suatu informasi yang telah di simpan tidak dapat di temukan kembali untuk di gunakan . ada empat teori tantang lupa ,yaitu decay theory ,interfence theory ,retrieval theory , motivated forgetting ,dan lupa di karenanakan sebab fisiologis .teori – teori ini khususnya merujuk pada jangka panjang.
a. Decay theory
Teori ini beranggapan bahwa sakn as dengan berlalunya waktu bila tidak pernah diulang kembali (rehearsal ) .teori mengandalakan bahwa bahawa setiap informasi disimpan dalam memori akan meninggalakan jejak (memory trace). Jejak –jejak ini akan rusak atau menghhilang bila tidak pernah di pakai lagi . meskipun demikian , banyak ahli menemukan bahwa lupa tidak semata-mata oleh ausnya informasi .
b. Teori interferenci.
Teori beranggapan bahwainformasi yang sudah disimpan dalam memori jangka panjang masih ada dalam gudang memori (tidak mengalami keausan).akan tetapi proses lupa terjaadi karena informasi yang satu mengganggu proses mengingat informasi yang lama, tetapi juga bisa terjadi sebaliknya.
Bila informasai ynagbaaru kita terima meyebabkan kita sulit unruk mencari informasi yang sudah ada dalam memori kita terjadilah interferenci retroaktif . dalam hidup sehari –hari kita mengalami ini . seorang kanalan baru yang amat menarik kemarin memberikan nomor telpon rumahnya .anda berusaha menghafalkannya . beberapa waktu kemudian teman anda mengajak untuk berlibur ke bali dan memberi anda nomor telpon hotel untuk membuat reservasi. Nomor telpon yang di berikan secara lisan dan anda berusaha mati –matian untuk menghafalnya . setelah reservasi anda teringat teman baru anda dan ingin mengajak nya ikut serta. Tetapi setiap anda mngingat nomor telpon rumah teman anda , yang muncul adalah nomor telpon hotel dibali.
Anda tentujuga mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa baru.pola atau tata bahasa anda yang alam mempersulit anda mengingat – ngingat tata bahasa yang baru . ini disebut interference proaktif, yaitu informasi yang sudah anada simpan dalam memori jangka panjang mengganggu proses mengingat informs yang baru di simpan . berdasarkan contoh diatas , bila anda lupa telpon yang baru tetapi ingat nomor telpon yang lama ,maka anda telah mengalami interferensi pro aktif.
c. Teori retrieval failure
Teori ini sebenarnya sepakat dengan teori interference bahwa informasi yang sudah disimpan dalam memori jangka panjang selalu ada ,tetapi kegagalan untuk mengingat kembali tidak disebabkan oleh interferenci .kegagalan untuk menginngat kembali lebih di sebabkan tidak adanya petunjuk yang memadai . dengan demikiann , bila syarat tersebut di penuhi ( disajikan petunjuk yang tepat ).maka informasi tersebut tentu dapat di telusuri dan di ingat kembali .
d. Teori motivated forgetting
Menurut teori ini kita kan cenderung berusaha melupakan hal –hal yang tidak menyenangkan . hal- hal yang menyakitkan atau tidak menyenangkan ini akan cenderung di tekan atau tidak di perbolehkan muncul dalam kesadaran. Teori ini di dasarkan atas psikologi analisis yang di pelopori oleh Sigmund freud . dari penjelasan diatas ,jelas bahawa teori ini juga beranggapan bahawa informasi yang telah di simpan masih selalu ada .
e. Lupa karena sebab –sebab fisiologis.
Para peneliti sepakat bahwa setiap penyimpanan informasi akan disertai perubahan fisik di otak . perubahan fisik ini di sebut engram. Gangguan pada engram ini akan meyebabkan lupa yang disebut amnesia . bila yang dilupakan adalah berbagai informasi yang telah disimpan beberapa waktu yang lalu ,yang bersangkutan dikatakan menderiata aamnesia retrograde . bila yang di lupakan adalah informasi yang baru saja di terimanya ,ia di katakana menderita amnesia antegrad .karena proses lupa dalam kedua kasus ini erat hubungannya dengan faktor –faktor bio kimiawi otak. Maka kurang menjadi focus bagi para peserta didik .
5.MENINGKATKAN KEMAMPUAN DAYA INGAT (MEMORI)
Secara umum usaha –usaha uuntuk meningkatkan kemapuan memori harus memeenuhi tiga ketentuan sebagai berikut :
a. Proses memori bukanlah usaha yang meudah . oleh karena itu perlu di perhatikan bahwa pengulangan /rekan . mekanisme dalam proses meengingat sangat membantu organisme dala menghadapi berbagai persoalan sehari –hari . seseorang di katakana belajar “belajar dari pengalaman “ karena ia mampu menggunakan berbagai informasi yang telah di terimanya di masa lalu untuk untuk memecahkan berbagai persoalan yang di hadapinya saat ini .Hilgard dkk.(1975:222-224) meyebutkan tiga jeni mengingat :
1. Recall : yaitu proses mengingat informasi yang di pelajari dimasa lalu tanpa petunjuk yang di hadapkan pada organism.
2. Recognition : yaitu proses mengingat informasi yang sudah di pelajari malalui suatu petunjuk yang di hadapkan organism.
3. Redintregrative, : proses mengingat dengan menghubungkan berbagai informasi menjadi suatu konsep atau cerita yang cukup kompleks . bila dalam recall kita bisa mengingat seluruh kata-kata dalam Indonesia raya, tetapi mungkin tidak ingat lagi kapan kita mempelajarinya , dalam situasi seperti apa , dan lain – lain. Proses mengingat redintegraatif terjadi bila anda di Tanya sebuah nama , misalnya :Rini (dulu pacar anda ) , maka akan teringat banyak hal dari saat –saat kenal pertama kali ,mengaak nonto atau makan bakso , menciumnya untuk pertama kali . pertengkaran yang pernah terjadi dan lain –lain sampai akhirnya anda berpisah dengan nya .
Perbedaan anatar recall dan recognition menunjukkan adanya peranan petunjuk mengingat (retrieval cues ) . petunjuk ini membantu organisme mengenai informasi yang mau di ingat khususnya untuk memori jangka panjang .proses mengingat erat hubungannnya dengan memori jangka pendek dan panjang karena dalam memori inilah informasai disimpan.
a. Proses mengingat dalam memori jangka pendek
Kapasitas memori jangka pendek sangat terbatas .oleh karena itu proses mengingat dalam memori jangka pendek tidak membutuhkan waktu yang lama . ada dua cara mengingat ,yaitu :
1. paralelsearch ,informasi yang disimpan dalam memori di telusuri sekaligus.
2. Serial research ,penelusuran informasi di lakukan pada satu kesatuan informasi (chunk) satu persatu .contohnya :bila anda mempunyai daftar belanjaan ibu lalu di Tanya “Eh…cabesuadah dicatat belum ?..otomatis anda akan mengingat daftar belanja itu satu persatu . smakin panjang daftaranya ,semakin lama waktu yang digunakan untuk mengingatnya .
b. Proses mengingat dalam memori jangka panjang .
Di jelaskan di atas bahwa penyimpanan hearsal merupakan usaha yang sanagt membantu retensi suatu informasi dapat di bantu dengan cara mengulang informasi yang bersangkutan ,khususnyauntuk mempertahankan informasi di memori jangka pendek dan panjang . meskipun demikian , berbagai penelitian menunjukkan bahawa pengulangan saja tidak ada artinya bila tidak di hubungkan dengan suatu konteks yang sudah di kenal . pengulangan juga dapat dilakukan secara periodic (periodic rehearsal ).
c. Bahan -baan yang akan di ingat harus mempunyai hubungan dengan hal –hal yang lain. Khusus mengaena hal ini ,konteks memegang peranan penting . dari uraian di dean jelas bahwa memori sangat dib anti bila informasi yang dipelajari mempunyai kaitan dengan hal –hal yang sudah di kenal sebelumnya . konteks dapat berupa peristiwa ,tempat ,nama sesuatu , perasaan tertentu dan lain-lain. Konteks ini memberikan retrievel cues karena itu mempermudah recognition .
d. Proses memori memerlukan organisasi salah satu .
Pegorganisasian informasi yang amat di kenal adalah Mnemonik (bahasa yunani :Mnemosyne ,dewi memori dalam mitologi yunani ). Informasi di organisasikan sedemikian rupa ( di hubungkan dengan hal –hal yang sudah di kenal ) sehinga informasi yang kompleks mudah I ingat kemabali . salah satu metode mnemonic yang biasa dilakukan adalah metode loci (methods of loci = locus =tempat ) .individu diminta untuk membayangkan suatu tempat yang iia kenal dengan baik , misalnya rumahnya . ia membayangkan bagian tertentu dari rumah itu , misalnya dari ruang tamu sampai kekamarnya . ia membyangkan benda –benda apa saja yang akan di temui di dekat pintu masuk , di ruang tamu . dekat pintu kamarnya dan didala kamar . kemudian dia diasosiakan benda –beda tersebut dengan informasi baru yang harus di ingat .
Metode mnemonic lain yang biasa di pakai adalah metode menghubungkan – hubungkan link methods ) yaitu menghubungkan informasi yang harus di ingat satu dengan yang lainnya sehingga mempunyai arti ,walau kaang –kadang agak lucu.
Orang yang baru belajar music sering harus menghafal tanda –tanda yang amat kompleks . untuk itu cara seperti berikut sering banayak membantu :
- Nada –nada yang naik ½ (kruis /#)= gudeg di jogja amat enak banya vitamin .
- Nada – nada yang turun ½ (mol) = fajar bandung elok amat dekat garut ciamis .
Seorang mahasiswa psikologi yang ingin menghafalakn spectrum warna harus menempuh jalan sebagai berikut : mau jadi koboi harus bisa naik unta (merah jingga ,kuning , hijjau , biru ,nila dan ngu)
Pengorganisasian juga bisa di lakukan dengan membuat suatu akronim sekaligus sebagai suatu kesatuan informasi (chunk) seperti dalam jembatan keledai yang pernah kita snggung di depan (LUBER,ANDAL kota BERIMAN DLL.)
DAFTAR PUSTAKA
- Drs.irwanto,psikologi umum ,PT.prehallindo Jakarta 2002.
- Matt Jarvis, Teori –teori psikologi ,penerbit Nusa Media ,bandung 2009.
- Rita L.atkinson,Richard Atkinson, Edward Esmith, Darly J.bem, Pengatar Psikologi, jilid satu ,KARISHMA publishing group , ,ciputat ,tangerang 2010.
[1] Drs.irwanto,psikologi umum ,PT.prehallindo Jakarta 2002. Hal :142
[2] Matt Jarvis, Teori –teori psikologi ,penerbit Nusa Media ,bandung 2009.hal:119
[3] Rita L.atkinson,Richard Atkinson, Edward Esmith, Darly J.bem, Pengatar Psikologi, jilid satu ,KARISHMA publishing group , ,ciputat ,tangerang 2010.hal:479
[4] Drs.irwanto,psikologi umum ,PT.prehallindo Jakarta 2002.
Posting Komentar untuk "LUPA DALAM PSIKOLOGI BELAJAR"