ANALISIS PENGEMBANGAN MATERI PAI MATA PELAJARAN FIKIH MI KELAS 4 DAN AL-QUR’AN HADIST MTs KELAS 9
UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
ANALISIS PENGEMBANGAN MATERI PAI MATA PELAJARAN FIKIH MI KELAS 4 DAN AL-QUR’AN HADIST MTs KELAS 9
Pengembangan Materi PAI
Dosen pengampu: Dr. H. Muh. Wasith Achadi, S. Ag., M.Ag.
Disusun Oleh:
ARIEF
PAI D
MAGISTER PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
TAHUN 2020
A. PENDAHULUAN
Kompetensi dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari Kompetensi Inti. Kompetensi dasar adalah konten atau kompetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.
Kemudian dalam melakukan pengembangan materi pembelajaran ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan, meliputi:
1. Prinsip relevansi, artinya materi pembelajaran hendaknya relevan dengan pencapaian standar kompetensi dan pencapaian kompetensi dasar. Jika kemampuan yang diharapkan dikuasai peserta didik berupa menghafal.
2. Prinsip konsistensi, artinya keajegan yang artinya jika kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik ada empat macam, materi yang harus diajarkan juga harus meliputi empat macam. Konsistensi juga untuk bias dilihat pada materi dalam satu aspek yang sama pada jenjang pendidikanyang berbeda.
3. Prinsip adequecy, artinya kecukupan. Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu peserta didik menguasai dan mencapai standar kompetensi yang ditetapkan.
Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu peserta didik menguasai dan mencapai standar kompetensi yang ditetapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak, harus tepat dan proporsional. Berdasarkan KMA No 138 tahun 2019 untuk pembagian alokasi waktunya pada jenjang MI pada mata pelajaran Fiqih kelas 4 yaitu, memiliki alokasi waktu belajar 2 x 35 menit per minggu. Sedangkan untuk Al-Qur’an hadist MTs kelas 9 memiliki waktu belajar 2 X 40 menit.
Berdasarkan uraian diatas, fokus pembahasan dalam makalah ini adalah analisis pengembangan materi ajar kurikulum pendidikan Agama Islam yang menjadi bahan analisis dalam makalah ini adalah :
a. Buku guru fiqih MI kelas 4 penerbit Direktorat Jendral pendidikan Indonesia.
b. Buku guru Al-qur’an Hadist MTs kelas 9 Penerbit Direktorat Jendral pendidikan Indonesia.
c. KMA no 183 tahun 2019 tentang kurikulum PAI dan Bahasa arab pada madrasah.
Pada hasil pencarian buku MI PAI kelas 4 pegangan buku guru disana tertera dengan pembagian alokasi waktu dan dilengkapi dengan rumusan KI dan KD. Sedangkan pada mata pelajaran Al-Qur’an hadist MTs kelas 9 pada buku guru terdapat rumusan KI dan KD secara lengkap. Rumusan dalam kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:
1. Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi Inti sikap Spritual
2. Kompetensi Inti -2 (KI-2) untuk kompetensi Inti sikap Sosial
3. Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi Inti sikap Pengetahuan
4. Kompetensi Inti -4 (KI-4) untuk Kompetensi Inti sikap Ketrampilan.
Dalam memperhatikan seperangkat kompetensi dasar (KD) yang telah dikembangkan dari KI dan KD yang telah ada dalam kurikulum 2013, sesuai dengan jenjang kelas dengan memperhatikan faktor-faktor: (1) potensi peserta didik (2) Tingkat perkembangan Fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual peserta didik; (3) kebermanfaatan bagi peserta didik (4) Struktur Kelimuan (5) Aktualitas, kedalaman, dan Keluasan materi pembelajaran (6) Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan zaman (7) Alokasi Waktu. KI dan KD kurikulum 2013 sesuai mapel dan kelas yang berdasarkan Permendikbud no. 37 tahun 2018 (PAI Sekolah) dan KMA no. 183 tahun 2019 (PAI Madrasah), lalu menuliskan kompetensi Dasar (KD) hasil analisis dan pengembangan sebagai pembandingnya.
MATA PELAJARAN : Fiqih
KELAS : 4
JENJANG SEKOLAH : Madrasah Ibtidaiyah
NO KOMPETENSI
INTI KOMPETENSI DASAR (ASLI) KOMPETENSI DASAR PENGEMBANGAN ARGUMENTASI
1 KI-1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
1.1. Menerima perintah zakat,
infak dan sedekah.
1.2. Mengamalkan perintah
zakat, infak, sedekah. 1.1.1 Menghayati nilai-nilai perintah dalam Al-qur’an yang terkadung dalamperintah berzakat, infak, dan sedekah. Pengamalan sikap siswa dalam menghayati nilai-nilai keimanan dalam islam.
KI-2 . Menunjukkan perilaku jujur,disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru, dan tetangganya 2.1 Menjalankan ketentuan zakat fitrah,
2.1.1 Menjalankan hukum zakat fitrah sesaui dengan al-Qur’an dan Hadist.
Menjelaskan hukum zakat fitrah dengan perintah al-qur’an dan hadist.
KI-3 Memahami pengetahuan
faktual dengan cara
mengamati dan menanya
berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain 3.3 Memahami ketentuan sedekah 3.1.1 Menjelaskan tata cara pengertian dan pelaksanaan zakat fitrah Menjelaskan pemahaman faktual berdasarkan keingintahuan siswa
KI-4 Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa
yang jelas, sistematis dan
logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat,
dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia 4.1 Mensimulasikan tata cara zakat fitrah.
4.2 Mensimulasikan tata cara infak dan sedekah. 4.2.1 Melafalkan niat zakat fitrah,
4.2.2 Mensimulasikan tata cara zakat fitrah dengan keten
Memberikan simulasi dengan ketentuan zakat fitrah dengan anjuran yang sesuai ukuran zakat. Siswa dapat menghitung zakat dengan benar.
serta siswa dapat mengaplikasikan shalat jumat dengan baik dan hafal doa-doanya.
2 KI-1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama dianutnya 1.1. Meyakini salat jumat sebagai perintah Allah
1.1.1 Melaksanakan salat Jumat sebagai perintah Allah bagi kaum muslimin.
Mengasah perkembangan spiritual pada pembelajaran siswa.
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya 2.1 Menghayati ketentuan salat Idain.
2.1.1 Menghayati nilai-nilai serta tata cara ketentuan dalam salat i’dain. Fokus menghayati terhadapa nilai-nilai keislaman. Sehingga siswa memahami secara faham.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain 3.1 Memahami ketentuan salat Idain
3.1.1 Menjelaskan ketentuan salat I’dain Memberikan penjelasan pada KD3 sehingga siswa akan mudah untuk merangsang pembelajaran.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia. 4.1 Mendemonstrasikan tata cara salat I’dain.
4.1.1 Memperagakan shalat i’dain secara benar dengan ketentuan islam. Agar siswa tahu tatacara shalat i’dain dengan benar.
MATA PELAJARAN : Al-Quran Hadist
KELAS : IX
JENJANG SEKOLAH : Madrasah Tsanawiyah
NO KOMPETENSI
INTI KOMPETENSI DASAR (ASLI) KOMPETENSI DASAR PENGEMBANGAN ARGUMENTASI
1 KI-3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (Faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1 Memahami ketentuan hukum mad silah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. az-Zalzalah (99) dan pada surah-surah pendek pilihan.
4.1 Menerapkan Hukum Mad Silah, maad Badal, mad Tamkin, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. az-Zalzalah (99) dan pada surah-surah pendek pilihan
3.1.1 Memahami ketentuan hukum bacaan tajwid mad silah, mad badal, mad tamkin, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. az-Zalzalah (99) dan pada surah-surah pendek pilihan
4.1.1 Mempraktikkan hukum bacaan Mad Silah, maad Badal, mad Tamkin, dan mad farqi dalam Q.S. al-Qari‘ah (101), Q.S. az-Zalzalah (99) dan pada surah-surah pendek pilihan
Agar siswa mampu memahami secara benar dan fokus pada hukum bacaan tajwid.
Siswa dapat mengerti mengenai bacaan mad, dan dapat mengerti tanda-tanda bacaan mad.
2
3
4
KI-3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (Faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KI-3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (Faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4 Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KI-3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (Faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.2 Memahami isi kandungan Q.S al-Qari’ah (101), Q.S al-zalzalah (99) tentang fenomena alam kehidupan.
3.2.1 Memahami makna ayat serta isi kandungan Q.S al-Qari’ah (101), Q.S al-zalzalah (99) tentang fenomena alam kehidupan. Memperjelas tujuan agar perserta didik memahami Q.S al-Qari’ah (101), Q.S al-zalzalah (99) tentang fenomena alam kehidupan.
3.3 Memahami keterkaitan isi kandungan hadist riwayat tirmidzi
Riwayat ibnu Majah
Riwayat ahmad
Riwayat Al-Bazzar
Tentang perilaku menjaga dan melestraikan lingkungan alam dengan fenomena kehidupan dan akibatnya. 3.3.1 Menjabarkan keterkaitan kandungan hadist dengan kehidupan sehari-hari Agar siswa mampu memahami secara dalam keterkaitan hadist dengan kegiatan sehari-hari.
4.2 Mensimulasikan isi kandungan Q.S al-Qari’ah (101), Q.S al-zalzalah (99) tentang fenomena alam kehidupan.
4.3 Mendemostrasikan sikap tentang upaya pelestarian alam sesuai hadist riwayat tirmidzi
riwayat ibnu Majah
Riwayat Ahmad
Riwayat Al-bazzar
Tentang perilaku menjaga dan melestraikan lingkungan alam dengan fenomena kehidupan dan akibatnya.
3.1 Memahami ketentuan hukum mad
lazim mukhaffaf kilmi, musaqqal
kilmi, mad lazim musaqqal harfi, dan
mad lazim mukhaffaa harfidalam
Al-Qur`an
4.1 Mempraktikkan hukum mad lazim
mukhaffaf kilmi, musaqqal kilmi,
mad lazim musaqqal harfi, dan mad
lazim mukhaffaa harfidalam AlQur`an
3.2. Memahami isi kandungan Q.S. alAshr (103) dan Q.S. al-‘Alaq (96)
tentang menghargai waktu dan
menuntut ilmu.
3.3. Memahami keterkaitan isi
kandungan hadis riwayat Bukhori
dari Abdullah bin Umar
tentang perilaku menghargai waktu
dan hadis riwayat Ibnu majah dari
Anas bin Malik )
tentang menuntut ilmu.
4.2 Menyajikan data tentang
pemanfaatan waktu dan menuntut
ilmu sesuai isi kandungan Q.S.
al-Ashr (103) dan Q.S. al-‘Alaq (96)
4.3 Membuat jadwal kegiatan harian
yang mencerminkan pemanfaatan
waktu dan menuntut ilmu sesuai
Q.S. al-‘Asr (03) dan Q.S. al-‘Alaq
(96) dan hadis riwayat Al-Bukhari
dari Abdullah bin Umar
tentang perilaku menghargai waktu
dan hadis riwayat Ibnu majah dari
Anas bin Malik
tentang tentang menuntut ilmu
4.2.1 Mensimulasikan isi makna kandungan Q.S al-Qari’ah (101), Q.S al-zalzalah (99) tentang fenomena alam kehidupan.
4.2 Mendemostrasikan sikap tentang upaya pelestarian alam dan melaalkan hadist berserta artiya.
3.1.1 Memahami ketentuan hukum mad lazim mukhaffaf kilmi, mutsaqaal kilmi, mad lazim hari, dan mad laim muhfa harfi sesuai dengan bacaan dalam al-qur’an
4.1.1 Mempraktikkan bacaan hukum mad lazim mukhaffaf kilmi, musaqqal kilmi,mad lazim musaqqal harfi, dan madlazim mukhaffaa harfi dalam AlQur`an serta mengucapkan lafadz dengan fasih.
3.2.1 Memahami isi dan makna konsep waktu dalam kandungan alam surah alAshr (103) dan Q.S. al-‘Alaq (96) tentang menghargai waktu dan
menuntut ilmu.
3.3.1 Menjelaskan keterkaitan isi
kandungan hadis riwayat Bukhori
dari Abdullah bin Umar
tentang perilaku menghargai waktu
dan hadis riwayat Ibnu majah dari
Anas bin Malik )
tentang menuntut ilmu.
Serta menghadirkan kisah menarik dalam pembelajaran.
4.2.1 Menyajikan dengan memperjelas pokok bahasan waktu dan menuntut
ilmu sesuai isi kandungan Q.S.
al-Ashr (103) dan Q.S. al-‘Alaq (96)
4.3.1 Menyusun jadwal kegiatan harian yang mencerminkan pemanfaatan waktu dan menuntut ilmu sesuai
Q.S. al-‘Asr (03) dan Q.S. al-‘Alaq
(96) dan hadis riwayat Al-Bukhari
dari Abdullah bin Umar
tentang perilaku menghargai waktu
dan hadis riwayat Ibnu majah dari
Anas bin Malik
tentang tentang menuntut ilmu
disertai dengan jadwal harian dilengkapi dengan target yang dicapai sesuai cita-cita anak. Keterkaitan surat dengan memperagakan terhadap enomena alam dengan isi kehidupan.
Siswa akan lebih mudah menyerap dengan melafalkan ayat dan makna dalam hadist.
Menerapkan bacaan sesuai dengan bacaan yang ada di dalam al-Qur’an sehingga siswa lebih mengerti.
Pengucapan lafad dalam meragakan sesuai denga makharijul khuruf. Sehingga siswa terbiasa fasih.
Siswa bisa mengerti tujuan dalam pembelajaran K-13. Guru bisa menjelaskan secara rinci kandungan dalam setiap surat.
Siswa akan tertatik dengan hadist dengan percerminan kisah-kisah inspiratif.
Kompetensi pokok bahasan harus diperjelas dengan sub bahasan
Siswa dalam hal ini dapat menysun konsep jadwal kegiatan perindividu. Sehingga siswa bisa mencerna secara langsung apa yang telah diajarkannya.
Menjelaskan kerangka kegiatan pada hari-hari besar islam, serta menjelaskan maksud menyusun kegiatan tersebut.
LAMPIRAN KMA NO 138 TAHUN 2019
FIQIH MI KELAS 4
MATA PELAJARAN ALQUR’AN HADIST MTs kelas IX
DAFTAR PUSTAKA
Buku Guru, Al-Qur’an Hadist, Pendekatan Saintifik Kurikulum K-13, Madrasah Tsanawiyah Kelas IX, penulis: Drs. H. Abdullah Rofiq,M.Pd, Ahmad Azhar, S,Ag, direktorat Pendidikan madrasah, Kementrian Agama Republik Indonesia. Cetakan ke-1 2016.
Buku Guru, Fiqih, Pendekatan Saintifik Kurikulum K-13, Madrasah, Madrasah Ibtidaiyah, Nurckholish, Kontributor: Nurcholish, Sutrisno, Mujahid, kementrian Agama Republik Indonesia.
Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI danBahasa Arab Pada Madrasah, Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jendral Pendidikan Islam, Kementrian Agama Republik Indonesia.
Posting Komentar untuk "ANALISIS PENGEMBANGAN MATERI PAI MATA PELAJARAN FIKIH MI KELAS 4 DAN AL-QUR’AN HADIST MTs KELAS 9"